Pembangunan Zona Integritas untuk mewujudkan WBK

Kubu Raya – Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, menggelar Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di satuan jajaran Kodam XII/Tpr. Kegiatan pencanangan dilaksanan di Aula Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Kesdam XII/Tpr, Jalan Adi Sucipto, Sungai Raya, Kubu Raya, Selasa (27/11/2018).

Kepala Staf Kodam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D. Tuejeh yang juga bertindak sebagai Ketua Pelaksana Reformasi Birokrasi Satuan Kodam XII/Tpr, dalam sambutannya yang dibacakan Inspektorat Kodam (Irdam) XII/Tpr, Kolonel Kav M. Zulkifli, S.I.P.,M.M., sejalan dengan program Reformasi Birokrasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2010, TNI AD telah menetapkan program Reformasi Birokrasi sebagai salah satu program prioritas. Reformasi Birokrasi TNI AD merupakan program jangka panjang menuju tata kelola pemerintahan tahun 2025 yang bersih dan bebas KKN, transparan, akuntabel dan profesional.

“Komitmen dan kebijakan TNI AD sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Reformasi Birokrasi di lingkungan TNI AD secara konsisten dan berkelanjutan,” kata Kasdam XII/Tpr.

Dikatakan juga oleh Kasdam XII/Tpr, dalam rangka mendukung program Reformasi Birokrasi TNI AD, maka Kodam XII/Tpr telah menyusun perencanaan pembinaan dan pembangunan yang meliputi perencanaan jangka sedang dalam kurun waktu lima tahun dan jangka pendek satu tahun yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Ini dilakukan Kodam XII/Tpr, agar diperoleh rumusan dalam menentukan arah, tujuan, sasaran strategis dan program kegiatan,” ujar Kasdam XII/Tpr.

Dijelaskan oleh Kasdam XII/Tpr, kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Kodam XII/Tpr menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani memiliki target yang ingin dicapai, yaitu :

Pertama, meningkatnya komitmen seluruh Satuan Kerja di jajaran Kodam XII/Tpr dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Kedua, terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja di Satuan Kerja jajaran Kodam XII/Tpr sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Ketiga, menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan aturan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut juga, Kasdam XII/Tpr berharap kepada instansi, kementerian atau lembaga, Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, untuk memberikan dukungan dan memberikan masukan kepada Kodam XII/Tpr agar mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Selain itu juga meminta kepada para Komandan Satuan Kerja jajaran Kodam XII/Tpr, untuk meningkatkan tata kelola dalam menjalankan program yang baik, seperti transparansi, akuntabilitas, partisipatif dalam penyusunan dan implementasi kebijakan Kodam XII/Tpr.

“Implementasikan di satuan, kegiatan-kegiatan yang dapat menjadi indikator utama dalam program pencegahan korupsi yang telah ditetapkan,” tegas Kasdam XII/Tpr mengakhiri.

Dalam acara tersebut dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dari sebelas Kepala Satuan Kerja jajaran Kodam XII/Tpr. Hadir dalam acara Pa Sahli Pangdam XII/Tpr, para Asisten Kasdam XII/Tpr, Para Komandan dan Kabalak Kodam XII/Tpr, Asrena Lanud Supadio, Asrena Lantamal XII Pontianak, Asren Polda Kalbar, Kepala BPKP Prov. Kalbar serta Kajati Prov. Kalbar./ red PKP.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *