Pemantauan Standar dan Kartu Penilaian Poskesdes Desa Kelam Sejahtera

WWW.POSTKOTAPONTIANAK.COM
Senin Tanggal 13 Agustus 2018, Wahana Visi Indonesia (WVI), melalui proyek yang didanai oleh Uni Eropa melaksanakan kegiatan Pemantauan Standar Poskesedes di Desa Kelam Sejahtera.
Kegiatan Pemantauan Standar Poskesdes Desa Kelam Sejahtera dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Kelam Permai yang diwakili oleh Kasi Kesra Bapak Thomson Nababan, Pemerintah Desa Kelam Sejahtera, Ketua BPD , Tenaga Kesehatan Desa Kelam Sejahtera, Fasilitator Desa dan Kader Posyandu Desa Kelam Sejahtera.
Kepala Desa Kelam Sejahtera Hermanus Tuguk, mengatakan dari awal Wahana Visi Indonesia masuk atau sosialisi ke Desa kelam sejahtera, kita sangat merespon, atau sangat mendukung bahwa, Wahana Visi Indonesia itu sendiri sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada Desa Kelam Sejahtera terutama tentang pembiana-pembinaan yang diberikan dari Wahana Visi Indonesia selama ini khususnya Desa, buktinya ada pelatihan-pelatihan, ada pembinaan-pembinaan, Fasilator Desa yang sudah ditunjuk dari pemerintah Desa dengan tujuan memperpanjang tangan dari teman-teman dari Wahana Visi Indonesi kepada masyarakat Desa atau Pemerintah Desa.
Hermanus Tuguk, juga menyampaikan berdasarkan proses pendekatan CVA (Citizen Voice and Action/ Suara dan Aksi Wagra Negara) yang digunakan di tingkat Desa terdapat beberapa Tahapan ada yang namanya Pendidikan Warga, Pemantauan Standar dan Kartu Penilaian. Dimana saat pendidikan warga, adalah masyarakat dimampukan melalui pemberian materi seperti Standar Pelayanan, Posyandu, Poskesdes/Polindes dan SPM Puskesmas. Selain itu juga diberikan pula materi tentang Hak Anak dan KLA, 1000 Hari Pertama Kehidupan, dan Musrenbang Desa. setelah Pendidikan Warga dilaksanakan ada yang namanya Pemantauan Standar dan kartu Penilaian. Pemantauan Standar ini kegiatannya kita membandingkan Standar Pelayanan Minimum yang sudah di tentukan oleh pemerintah Pusat dengan keadaan di Desa, jika situasi di Desa Belum sesuai dengan standar yang sudah di tentukan oleh pemerintah maka hal itu akan menjadi usulan bersama. Sedangkan untuk kegiatan Kartu Penilaian kita melihat tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang sudah di berikan selama ini. Setelah proses itu terlaksana, selanjutnya masuk pada Pertemuan Tatap Muka. Disini kita membawa hasil dari kegiatan Pemantauan Standar dan Kartu Penilaian tadi kedalam pertemuan tatap Muka yang nantinya menghasilkan sebuah Rencana Aksi. Dari rencana aksi inilah kita akan melihat mana saja hal yang bisa dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dan mana saja yang akan kita sampaikan ke tingkat Kecamatan ataupun Kabupaten.
Tempat posyandu yang biasa digunakan , dibangun dari pertama berdirinya Desa kelam sejahtera dan Bangunan Posyandu ini juga sudah tidak layak. Sehingga terkadang kegiatan posyandu dilaksanakan di Balai Dusun Tekang, Desa Kelam Sejahtera. Dengan melihat rencana aksi yang juga merupakan usulan dari masyarat maka pemerintah Desa Kelam Sejahtera tahun ini Menganggarkan gedung Posyandu, memberikan insentif kader posyandu , PMT (Pemberian Makanan Tambahan), kemudian pengadaan perlengkapan posyandu, dan peningkatan kapasitas kader Posyandu.usulan-usulan tersebut sudah masuk kedalam anggaran ADD tahun 2018 ini.
Pemerintah Desa Kelam Sejahtera sangat Berterima kasih kepada Wahana Visi Indonesia melalui Proyek yang didanai oleh Uni Eropa. bersama masyarakat dan memberikan usulan yang baik dalam mengupayakan perbaikan layanan kesehatan di Desa Kelam Sejahtera. Ujarnya

Pewarta: Yefta k.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *