Pemantauan Standar dan Kartu Penilaian Polindes Desa Kerapa Sepan Program Wahana Visi Indonesia (WVI)

WWW.POSTKOTAPONTIANAK.COM
Tanggal 14 Agustus 2018, , Melalui proyek yang didanai oleh Uni Eropa, melaksanakan kegiatan Pemantauan Standar Polindes Desa Kerapa Sepan
Hadir dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Desa Kerapa Sepan, Ketua BPD serta Anggota , Tenaga Kesehatan Desa, Fasilitator Desa dan Kader Posyandu Desa Kerapa Sepan.
Kepala Desa Kerapa Sepan, Bapak Matius, menyampaikan dengan adanya pendampingan dari program Wahana Visi Indonesia, bahwa sudah ada terdapat beberapa hal baik yang sudah terjadi di Desa Kerapa Sepan.
Matius, menyampaikan proses pendekatan CVA (Citizen Voice and Action/ Suara dan Aksi Wagra Negara) yang digunakan di tingkat Desa terdapat beberapa Tahapan yang ada namanya Pendidikan Warga, Pemantauan Standar, kartu penilaian dan pertemuan Tatap Muka . Dimana saat pendidikan warga, adalah masyarakat dimampukan melalui pemberian materi seperti Standar Pelayanan, Posyandu, Poskesdes/Polindes dan SPM Puskesmas, Hak Anak dan KLA, 1000 Hari Pertama Kehidupan, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Kebijakan Publik, Tahapan CVA (Citizen Voice and Action/ Suara dan Aksi Wagra Negara) dan Musrenbang Desa.
Matius juga menyampaikan, Berdasarkan SPM Posyandu yang sudah dilaksanakan di Desa dimana salah satu penggerak Posyandu adalah Perangkat Desa. Oleh sebab itu saya mewajibkan salah satu perangkat Desa untuk hadir dalam setiap kegiatan Posyandu bayi-balita dengan tujuan supaya pemerintah desa juga dapat mengetahui kebutuhan peserta posyandu yang perlu di didukung oleh perangkat desa dan juga supaya pemerintah Desa dapat mengetahui perkembangan kesehatan anak secara khusus peserta posyandu di desa Kerapa Sepan.
Selain itu kami juga menganggarkan Insentif kader posyandu dan juga Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk peserta posyandu di Desa Kerapa Sepan. Bagi kami itulah salah satu bukti nyata perhatian pemerintah desa di bidang posyandu. Selain itu juga ditambahkan oleh tenaga kesehatan Desa Kerapa Sepan, yaitu :Ibu Bernadetha Agustini, Amd.Keb.”hal baik yang terlaksana dibidang kesehatan mengenai kesadaran masyarakat dengan adanya program dari Wahana Visi Indonesia, masyarakat semakin banyak yang sadar untuk mengakses Faskes(Fasilitas Kesehatan) contohnya dibidang posyandu. Dan dengan adanya bantuan seperti pemberian makanan tambahan dari pemerintah Desa, pendidikan warga hingga pada pertemuan tatap muka, hal ini sangan mendukung dan sangat membantu untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Kami juga berterima kasih kepada perangkat desa Kerapa Sepan, Fasilitator Desa, Kader Posyandu yang sudah bekerja sama di bidang kesehatan.
Saat dikonfirmasi kepada ibu Melka selaku Fasilitator Desa yang juga merupakan Kader Posyandu Desa Kerapa sepan, dimana fasilitator Desa sendiri adalah mitra dari Wahana Visi Indonesia dan juga mitra dari Pemerintah Desa dalam kesempatan ini beliau mengatakan hal ini sangat membantu masyarakat secara khusus di bidang Posyandu. Baik di bidang peningkatan kapasitas saat pendidikan Warga dan pemberian makanan tambahan yang di anggarkan melalui Anggaran Dana Desa.ujarnya
Pewarta: Yefta k.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *