PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI GOLONGAN KARYA DPRD KABUPATEN SINTANG TERHADAP PEMBAHASAN RACANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN SINTANG TAHUN ANGGARAN 2018

SEBAGAIMANA DIAMANATKAN DALAM PASAL 312 AYAT 1  UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH DAN PASAL 45 AYAT (1) DAN  PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 58 TAHUN 2005 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH  MENYATAKAN BAHWA ,KEPALA DAERAH MENYAMPAIKAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG APBD KEPADA DPRD DISERTAI PENJELASAN DAN DOKUMEN PENDUKUNGNYA,  SEBELUM  DIBAHAS DALAM RANGKA UNTUK MEMPEROLEH PERSETUJUAN BERSAMA.

DISAMPING ITU, TELAH DITETAPKAN BAHWA UPAYA MELURUSKAN KEMBALI TUJUAN DAN FUNGSI ANGGARAN TERSEBUT PERLU DILAKUKAN SECARA JELAS, PERAN SERTA DPRD DAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PROSES PENYUSUNAN DAN PENETAPAN ANGGARAN, SEBAGAI INSTRUMEN KEBIJAKAN EKONOMI ANGGARAN YANG BERFUNGSI UNTUK MEWUJUDKAN PERTUMBUHAN DAN STABILITAS PEREKONOMIAN SERTA PEMERATAAN PENDAPATAN DALAM RANGKA MENCAPAI TUJUAN BERBANGSA DAN BERNEGARA.

APBD MERUPAKAN INSTRUMEN YANG AKAN MENJAMIN TERCIPTANYA DISIPLIN DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERKAIT DENGAN KEBIJAKAN PENDAPATAN MAUPUN BELANJA DAERAH, UNTUK ITU TELAH DIATUR LANDASAN ADMINISTRATIF DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH YANG MENGATUR ANTARA LAIN, “ PROSEDUR DAN TEKNIS PENGANGGARAN YANG HARUS DIIKUTI SECARA TERTIB DAN TAAT ASAS”. PROSEDUR ADMINISTRATIF PENYUSUNAN ANGGARAN BAIK PENDAPATAN MAUPUN BELANJA DIHARAPKAN MENGACU PADA ATURAN DAN PEDOMAN YANG MELANDASINYA ,YAITU UNDANG-UNDANG, PERATURAN PEMERINTAH, KEPUTUSAN MENTERI, PERATURAN DAERAH ATAU KEPUTUSAN KEPALA DAERAH.

SIDANG DEWAN DAN HADIRIN YANG KAMI HORMATI,

KITA PATUT BERSUKUR DIMANA SELAMA LIMA TAHUN BERTURUT TURUT KITA MAMPU MEMPERTAHANKAN OPINI DARI BPK RI DENGAN WAJAR TANPA PENGECUALIAN ( WTP )DAN TENTU INI ADALAH BERKAT KERJA KERAS KITA SEMUA ,UNTUK ITU PADA KESEMPATAN INI KAMI FRAKSI PARTAI GOLKAR BERHARAF AGAR PEMBAHASAN APBD TH 2018 DAPAT BERJALAN DENGAN LANCAR SESUAI DENGAN WAKTU YANG TELAH DIJADWALKAN OLEH BADAN MUSYAWARAH DPRD KABUPATEN SINTANG .

KAMI FRAKSI GOLKAR SANGAT MENDUKUNG  DAN SEPENDAPAT APABILA KITA SEMUA BERKEINGINAN UNTUK SEGERA MEMBAHAS RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH LEBIH CEPAT,YANG MANA APBD TH 2018 TERSEBUT MERUPAKAN PRODUK PERDA YANG SANGAT DIHARAPKAN OLEH SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN SINTANG YANG MENYANGKUT PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN SINTANG.

SETELAH MENCERMATI DAN MEMPELAJARI MATERI YANG ADA KAMI FRAKSI PARTAI GOLONGAN KARYA BERPENDAPAT BAHWA :

”RAPERDA TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN SINTANG TA 2018 , DAPAT DIBAHAS PADA SIDANG SIDANG SELANJUTNYA.

PERTANYAAN DAN SARAN

  1. KAMI FRAKSI GOLKAR SANGAT SEPENDAPAT DAN MENDUKUNG RKPD KABUPATEN SINTANG TH 2018, DIBAWAH KEPEMIMPINAN BAPAK BUPATI JAROT WINARNO DAN BAPAK WAKIL BUPATI BAPAK ASKIMAN, DENGAN TEMA MEMACU PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KESEMPATAN KERJA SERTA MENGURANGI KEMISKINAN DAN KESENJANGAN ANTAR WILAYAH,KAMI BERHARAF BAHWA APBD KABUPATEN SINTANG DAPAT DILETAKAN DI DAERAH DAERAH YANG SANGAT MEMBUTUHKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUTUR JALAN TERUTAMA DI DAERAH YANG SAMPAI SAAT INI BELUM MEMILIKI AKSES JALAN ,SEPERTI HAL NYA DI DAERAH AMBALAU DAN BEBERAPA DESA DI KETUNGAU DAN DAERAH LAINNYA,SEHINGGA PEMERATAAN PEMBANGUNAN DAPAT DI RASAKAN OLEH SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN SINTANG SAMPAI KE DAERAH DAERAH.
  2. DIMINTA KEPADA BUPATI SINTANG MELALUI DINAS TERKAIT UNTUK SEGERA MENINDAK LANJUTI TERKAIT DENGAN PERMASALAHAN KEBERADAAN GURU GARIS DEPAN ,SAMPAI DIMANA PROSES SELANJUTNYA ,MOHON PENJELASAN .
  3. DIMINTA KEPADA BUPATI MELALUI DINAS TERKAIT BERSAMA ULP  SUPAYA SETELAH  APBD TA 2018 DISYAHKAN SUPAYA UNTUK PROSES KEGIATAN PROYEK PEMBANGUNAN SUPAYA SEGERA DILAKSANAKAN.
  4. DALAM RANGKA MENINGKATKAN POTENSI PAD PERLU DIDUKUNG ADANYA PENINGKATAN KINERJA KHUSUSNYA PADA SKPD PENGHASIL, FRAKSI GOLKAR MEMINTA KEPADA EKSEKUTIF MELALUI DINAS PENGHASIL BAIK DARI PU MAUPUN YANG LAINNYA, HARUS LEBIH MENINGKATKAN PENDAPATAN MINIMAL SESUAI DENGAN TARGET YANG DITETAPKAN, DAN DIHARAPKAN HENDAKNYA DAPAT MENGGALI POTENSI-POTENSI PAD YANG ADA.
  5. DIMINTA KEPADA BUPATI SINTANG MELALUI DINAS TERKAIT( PU ) UNTUK SEGERA MENYELESAIKAN PEMBANGUNAN JEMBATAN DI JALAN POROS DI DESA PEDADANG YANG SUDAH BERJALAN 2 MINGGU YANG LALU NAMUN SAMPAI SEKARANG BELUM DIKERJAKAN ATAU DIPERBAIKI SEHINGGA DIALIHKAN KE JALAN PERUSAHAAN DAN MENIMBULKAN KEMACETAN TOTAL DI JALAN PERUSAHAAN YANG KONDISINYA SANGAT PARAH.

6. DIMINTA KEPADA BUPATI SINTANG MELALUI DINAS TERKAIT UNTUK SEGERA MENGGANGGARKAN UNTUK KEGIATAN ; A JEMBATAN GANTUNG DESA NANGA PAYAK JEMBATAN GANTUNG DESA EMPAKAN ,JEMBATAN GANTUNG DESA EMPO NYANG,DAN JALAN SIMPANG EMPONYANG MENUJU EMPO NYANG KAYAN HULU.

7.DIMINTA KEPADA BUPATI SINTANG MELALUI DINAS TERKAIT UNTUK SEGERA MELAKUKAN PENINGKATAN TERHADAP RUAS  JALAN ALTERNATIF UNTUK LINGAR SUNGAI DURIAN MENUJU MASUKA  DAN JALAN JALAN PESISIR SUNGAI KAPUAS DAN MELAWI AGAR SEGERA DITINGKATKAN.

8.MENGINGAT KONDISI JALAN SEPUTAU 3 MERAKAI KONDISINYA SUDAH SANGAT MEMPRIHATINKAN DAN RUSAK PARAH UNTUK ITU MOHON KEPADA PEMERINTAH DAERAH MELALUI DINAS TERKAIT UNTUK SEGERA MEMPERBAIKINYA.

DEMIKIAN PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI GOLONGAN KARYAKABUPATEN SINTANG KAMI SAMPAIKAN, TERIMA KASIH ATAS KERJASAMANYA DAN MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGANNYA SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SELALU MELINDUNGI KITA SEMUA AMIN.

SINTANG,  13 NOVEMBER 2017

FRAKSI PARTAIGOLONGAN KARYA DPRD KABUPATEN SINTANG

KETUA                                                                                                  SEKRETARIS

HARJONO, S.Sos.MSi                                                                     MELKIANUS, S.Sos

JURU BICARA

MELKIANUS, S.Sos


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *