Peletakan Batu Pertama Gedung Utama Universitas Kapuas Sintang

Sintang,post kota pontianak-Tidak seperti hari-hari biasanya, kompleks Kampus Universitas Kapuas yang terletak di jalan Y C Oepang Oeray, Baning Sintang itu tampak ramai di datangi oleh para pejabat-pejabat penting pemangku kepentingan di jajaran Pemerintah Daerah kabupaten Sintang pada hari Senin, 31/08/2020. Bahkan diantaranya, tampak juga Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM,Cap.

Dibawah teriknya sinar matahari siang itu, Dua tenda berukuran sedang tampak terpasang berhadapan di halaman berukuran dua kali lapangan bola polly depan Kampus tersebut. Pada tenda tamu undangan di isi kursi-kursi berjejer rapi, dan pada bagian barisan depan, tampak meja-meja yang sudah tertata buah-buahan lokal, air mineral, dan makanan ringan lainnya. Sedangkan Pada bagian tenda depannya tampak mimbar pidato, seperangkat alat musik akustik, dan pada bagian belakang tenda tampak jelas terbentang Baliho ukuran Besar bertuliskan PELETAKAN BATU PERTAMA GEDUNG REKTORAT.

” iya, hari ini dilaksanakan peletakan batu pertama pembagunan gedung rektorat” tutur ketua panitia acara, Stepanus Ngebi,SH., MH. kepada media ini, Disela sela kesibukannya mengkoordinir jalannya acara.

Tampak hadir dalam acara Peletakan batu pertama pembangunan kampus utama Universitas Kapuas itu, Bupati dan Wakil Bupati Sintang, Ketua DPRD beserta beberapa anggota DPRD Kabupaten Sintang, Ketua Umum dan Penasehat Yayasan Melati Sintang, Uskup Sintang, Wakapolres Sintang, perwakilan Mahasiswa, dan para Dosen pengajar.

Dalam kata sambutannya, Ngebi mengatakan bahwa, proses pembangunan gedung kampus utama atau gedung rektorat tersebut rencananya akan dikerjakan secara bertahap, karena mengingat dan menimbang anggaran yang digunakan cukup besar pembangunan ini pasti jadi, “Cuma kita kerjakan dua tahab. Ini bahasanya dari ketua DPRD Kabupaten Sintang. Kenapa ini dua tahap, karena dana yang diperlukan besar, kurang lebih hampir mencapai sepuluh meliyar. Sembilan koma lima atau sembilan koma tujuh. Kira-kira begitu dia” Kata Stepanus Ngebi Penuh semangat, dihadapan para tamu undangan yang menghadiri jalanya acara tersebut.

Lebih jauh Ngebi, menyampaikan pembangunan dapat berjalan karena komikmen bersama yang kuat, antara pemerintah ataupun DPRD Sintang dan pihak universitas kapuas serta Yayasan. Karena semua untuk kepentingan bersama dalam upaya-upaya mencerdaskan generasi penerus anak bangsa di daerah perbatasan negara Indonesia-Malaysia. Sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan perkuliahan saat ini masih sangat diperlukan oleh lembaga Universitas Kapuas. Komikmen yang kuat untuk terus meningkatkan potensi-potensi akademik menjadi landasan utama pembangunan sarana dan prasarana. “pak bupati sudah menganggarkan satu meliyar, pak ketua dewan sudah menganggarkan dua meliyar. Ini yang sudah kita dengar dan kami sudah diskusi. semoga ini bisa bertambah. Karena kalau tiga meliyar, ini belum cukup pak” Tutur Ngebi, disambut tepuk gempita tamu undangan.

Menangapi hal tersebut, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan pembangunan Fisik Universitas Kapuas sudah dibicarakan sedemikian rupa, sehingga menjad kewajiban Pemerintah Dearah untuk andil didalamnya. “Paling tidak tiga miliyar yang mata anggarannya tidak akan tergeserkan, tetapi jumlahnya boleh bertambah, Itu klir. Jadi tidak akan ada ini itu-ini itu lagi” Tandas Jarot ketika memberikan kata sambutannya dihadapan tamu undangan yang hadir siang itu.

Lebih jauh Jarot berharap, Kampus dapat berperan lebih dalam membangun sumberdaya manusia masyarakat Sintang dan turut merawat keberagaman dan mengalang solidaritas, bahkan menurutnya salah satu dampak kebersamaan yang dapat dirasakan langsung adalah melalui sinergisitas kebersamaan tersebut, pengalangan dana untuk pembangunan dapat berjalan dengan baik. Pemerintah daerah, baik itu eksekutif ataupun lembaga legislatif dapat saling membantu dan menopang ” saya berharap nanti, jika saya sudah semakin tua, lewat depan universitas ini melihat halamannya sudah bagus, gedung rektorat tiga lantainya sudah jadi, Pakultas tehniknya sudah ada. Lalu untuk jurusan IT nya sudah ada”, Kata Jarot berharap.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, juga mengapresiasi dan siap berkontribusi dalam proyek pembangunan gedung rektorat tersebut. Bahkan iya juga menghimbau agar anggota-anggota DPRD lainya berkontribusi dalam mensuport dana pembangunan.

Saat ditemui awak media, usai peletakan batu pertama, salah seorang anggota DPRD Kabupaten Sintang, Wilbertus, menanggapi syukur dan mendukung pembangunan Fisik gedung rektorat Universitas Kapuas tersebut.dirinya menilai bahwa Universitas Kapuas menjadi kebanggan bersama di timur Kalbar “selaku anggota DPRD saya mengapresiasi, mendukung dan bersukur atas pembangunan ini. Dan tadi sudah disampaikan bahwa DPRD mengapresiasi atas kegiatan ini”, terang Politikus dari Partai PDI Perjuangan tersebut singkat, dihadapan sejumlah wartawan.(Mr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *