Pekerja Tak Boleh Diberhentikan Tanpa Adanya Kejelasan Dan Surat Pemberitahuan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Pontianak) – Ketua Umum Komunikasi Kemitraan Teritorial Tengku Apreandi mengatakan pemberhentian terhadap para pekerja tidak boleh dilakukan tanpa ada alasan yang jelas, baik itu dari Pemerintah Daerah (Pemda) atau bahkan pihak perusahan, karena saat melakukan pemberhentian kepadan para karyawan, harus sesuai prosesnya dengan atutan yang berlakukan oleh Pemerintah setempat.

“Beberapa waktu lalu kita pernah membantu salah satu masyarakat Desa Pancaroba, yang gajinya tidak pernah dibayar, dengan alasan sudah dikeluarkab oleh perusahaan, namun sipekerja tersebut masih bekerja diperusahaan,” ujar dia pada Jumat (26/5) sore.

Dirinya menilai, setiap para pekerja wajib diberikan uang santunan ketika bekerja pada salah satu perusahaan. Dan harus memberikan surat pemberitahuan ketika akan memberhentikan karyawannya.

“Saya sangat berharap peran Dinas terkait harus segera Menindaklanjuti hal-hal yang menimpa kepada para pekerja seperti pemberhentian tanpa surat pemberhentian terlebih dahulu,” kata dia.

Dirinya menerangkan, setiap para pekerja dilindungi oleh Undang -Undang ketenagakerjaan, dan setiap orang yang sudah dipekerjakan di suatu perusahaan, perusahaan tersebut wajib melindungi kesehatan para pekerjanya.

“Baik dirinya atau keluargannya yang sedang sakit, tidak perlu saat itu sudah wajib memberikan perlindungan kesehatan bagi para karyawan-karyawannya,” terang dia.

Dirinya menegaskan, pihaknya mempunyai firman hukum yang siap membantu para pekerja yang diberhentikan tanpa adanya surat pemberhentian dari perusahaan, dimana pekerja tersebut bekerja diperusahaan itu.

“Jika hal itu benar-benar terjadi, tentunya hak para pekerja tersebut harus dikembalikan. Apalagi saat ini sudah dekat dengan bulan Ramadhan dan saat ini masih banyak perusahaan yang enggan membayarkan THR kepada para pekerjanya, melalui pemberhentian secara tiba-tiba. Baik tenaga kerja kontrak, ataupun tetap, mereka semua wajib mendapatkan perlindungan kesehatan dan THR sebelum datangnya Idhul fitri,”pungkasnya

(Viky)

Foto Tengku Apreandi, Ketua Umum KKT Saat dijumpai / Viky / POSTKOTAPONTIANAK.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *