Peduli Lingkungan Lantamal XII Bersama Masyarakat Pontianak Susur Sungai Laksanakan Bersih-bersih

 

Lantamal XII

MEMPAWAH, LANTAMAL XII – Menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 7 Lantamal XII tahun 2022, Lantamal XII melaksanakan bakti sosial dengan mensusur parit Tokaya yang membelah kota Pontianak untuk dibersihkan sampai pasar Plamboyan dan mengecat tembok yang berada ditepi parit, bekerja sama dengan PUPR Kota Pontianak, mahasiswa, pelajar, organisasi pemuda dan masyarakat sekitarnya, Selasa (19/07/2022)

Dalam kegiatan bakti sosial dengan melakukan susur dan bersih-bersih parit Tokaya yang berada kampung Dungun kota Pontianak di dikerahkan 1 (satu) buah eskavator dan lebih kurang 200 orang yang membantu pengecetan supaya kelihatan bersih dan indah sepanjang parit.

Dalam kegiatan bersih-bersih parit dibuka oleh Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. didampingi Aspotmar Danlantamal XII Letkol Marinir Ernst Rokumahu CRMP, mewakili Danlantamal XII Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) serta Kepala BWSK 1 (Balai Wilayah Sungai Kalimantan), Ir. Pramono M.T., Kadispotmar Lantamal XII, Letkol Laut (KH) Harazi, para Camat/ Lurah se-Kota Pontianak dan tokoh masyarakat.

Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka HUT ke – 7 Lantamal XII tahun 2022 dimana kebersamaan serta sinergitas antara Lantamal XII dan instasi terkait dapat terus terpelihara guna mendukung kegiatan pemerintah.

“Dalam rangka kegiatan Susur sungai dan bersih-bersih parit Tokaya ini merupakan gerakan gotong royong kebersamaan antara Balai Besar Sungai dari Dinas PU, Lantamal XII Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak, masyarakat dan mahasiswa memperlihatkan kepada masyarakat Pontianak bahwa menjaga sungai sangatlah penting,” jelas Walikota

“Gerakan cinta parit bersih tidak sampai disini tetapi tetap berkelanjutan untuk mengembalikan fungsi parit yang berguna untuk menampung air juka hujan dan pasang dan tempat ikan berkembang biak sebagai sumber kehidupan,” lanjutnya.

“Harapan saya agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di sungai atau diparit, tetap harus menjaga parit tetap bersih dan diupayakan bisa menanam pohon di pinggir parit supaya kualitas air lebih baik,” pungkas Ir. Edi Rusdi Kamtono.

Aspotmar Danlantamal XII Letkol Marinir Ernst Rikumahu CRMP mewakili Danlantamal XII menyatakan, “TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal XII sangat mendukung Pemerintahan Kota Pontianak dalam rangka bersih-bersih sungai dan parit untuk menjadikan kota Pontianak menjadi bersih dan indah untuk menjadikan tujuan wisata,” kata Aspotmar.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama saling menjaga kebersihan parit dan tidak membuang sampah sembarang apalagi di parit karena akan berdampak bila datang hujan atau air pasang,” pungkas Ernst Rikumahu.

Ksatria Jala Khatulistiwa
Dispen Lantamal XII

Posted in TNI

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.