Pastikan Daging Hewan Qurban Aman Dikosusmsi Masyarakat

 

Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya Kawal Dinas Peternakan dan Pekebunan Kubu Raya Cros Cek Daging Qurban

Daging hewan

Kubu Raya – Pengecekan daging Qurban di Hari Raya Idul Adaha 1443 H Tahun 2022 bertujuan memberikan rasa aman untuk warga yang mengomsumsinya, lewat Tim Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kubu Raya lakukan pengeceka di Masjid-masjid yang pada hari ini melakukan penyembelihan hewan Qurban. Senin 11/7/22.

Dalam hal ini Tim Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya bersama Dinas Peternakan dan Perkebunan Kubu Raya mendatangi Masjid Nurul Muslimin dan Masjid Al Muhajirin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang pada hari idul adha melaksanakan pemotongan hewan Qurban.

” Benar, kami hari ini Tim Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya bersama Dinas Peternakan dan Perkebunan Kubu Raya mendatangi Masjid Nurul Muslimin dan Masjid Al Muhajirin dengan tujuan melakukan pengecekan serta memastikan daging hewan qurban aman dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK)

Ternyata hewan ternak tersebut aman untuk dikomsumsi masyarakat, ungkap Ipda Agus Salim Padal Ops Aman Nusa II Polres Kubu Ray.

” Disini saya menjelaskan bahwa pemotongan hewan Qurban di Masjid Nurul Muslimin berjumlah 11 ekor sapi 4 kambing dan di Masjid Al Muhajirin berjumlah 4 ekor sapi,

selanjut organ dalam sapi berupa jantung dilakukan pengecekan oleh drh. Ulfa dari Dinas Peternakan dan Pertanian Kubu Raya, hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kuban tersebut aman dari wabah PMK, terangnya.

Disela sela pengecekan jantung hewan Qurban, drh. Ulfa membeberkan bahwa pengecekan tekait wabah PMK pada jantung hewan adalah upaya diteksi dini yang dilakukannya untuk mengetahui hewan Qurban tersebut aman atau tidak dari terkonfirmasi PMK.

” Dari pengecekan yang saya lakukan hewan Qurban yang awalnya di Masjid Nurul Muslimin dan sekaran pengecekan di Masjid Al Muhajirin terdapat indikasi PMK pada jantung hewan Qurban sapi,

namun saya jelaskan disini untuk daginya dan yang lainnya aman untuk dikosumsi hanya jantungnya saja tidak boleh dikomsumsi, jelas drh. Ulfa.

” Cara mengolah daging hewan saat wabah PMK ini dengan cara, daging tidak di cuci sebelum di olah, jika ingin di olah rebus daging tersebut dalam air mendidih minimal selama 30 menit, untuk masyarakat saya imbau tidak panik karena wabah PMK tidak menular terhadap manusia namun masyarakat tetap harus waspada, hanya saja PMK merupakan penyakit infeksi virus bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi,” ujar drh.Ulfa

” Ini adalah kegiatan yang sangat baik dari Polri dan pemerintah yakni Polres Kubu Raya dan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kubu Raya,

dimana pemerintah dalam hal ini peduli sekali dalam menjaga kesehatan masyarakatnya

, diamana sektor ini juga untuk memperbaiki ekonomi masyarakat selaku penggiat peternakan, saya berharap wabah PMK ini segera selesai, ungkap Sriyanto Ketua Panitia Hewan Qurban Masjid Al Huhajirin.

#Muly Post Kota Pontianak#


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.