Pasar Sungai Pinyuh Ramai Dikunjungi Jelang H-1 Idul Fitri 1441 H

POSTKOTApontianak.com

MEMPAWAH (Sungai Pinyuh) – Menjelang H-1 Idul Fitri 1441 H, aktivitas pengunjung di Pasar Tradisional Sungai Pinyuh ramai dikunjungi. Masyarakat berburu bahan pokok dan kebutuhan lainnya untuk persiapan merayakan lebaran. Jumat (22/05/2020)

Faktanya, pandemi Covid-19 tak menghalangi niat masyarakat untuk melakukan persiapan maksimal merayakan lebaran yang dijadwalkan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020. Antusias masyarakat berburu bahan makanan pokok cukup tinggi. Dibandingkan hari normal, aktivitas di Pasar Tradisional Sungai Pinyuh terpantau meningkat.

Juliana warga sungai pinyuh katakan, tadi subuh, kami sudah berada di pasar tradisional sungai pinyuh untuk memantau aktivitas pengunjung dan masyarakat. Secara umum, daya kunjungan meningkat. Namun, arus keluar masuk kendaraan tetap lancar.

“Para pedagang tampak sibuk melayani pembeli yang berburu aneka ragam bahan makanan pokok. Mulai dari daging sapi, daging ayam, ikan, sayur-sayuran hingga bumbu-bumbu dapur untuk persiapan mengolah makanan yang nantinya akan dihidangkan untuk keluarga dan sanak keluarga di momentum Idul Fitri 1441 H,” ucap Juliana

“Disana kita lihat terjadi peningkatan daya kunjungan masyarakat, namun arus lalu lintas kendaraan yang keluar masuk Pasar Tradisional Sungai Pinyuh cukup lancar. Kelancaran arus lalu lintas ini tak lepas dari kebijakan petugas dengan melarang kendaraan roda empat masuk ke wilayah pasar. Tujuannya untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan orang di lingkungan pasar,” jelas Juliana

Lanjutnya, keberadaan petugas yang memantau aktivitas Pasar Tradisional Sungai Pinyuh menjadi faktor penting. Sedari subuh hari, petugas TNI dan Polri serta Dishub Kabupaten Mempawah berjaga-jaga di lingkungan pasar. Petugas memantau aktivitas dan memberikan edukasi agar masyarakat mentaati aturan penggunaan masker serta physical distancing.

“Satu hal yang patut diapresiasi, kesadaran pengunjung dan pedagang untuk mematuhi anjuran wajib masker sudah cukup baik. Hampir seluruh pengunjung yang datang memakai masker sebagai upaya mengantisipasi terjadinya penularan virus Covid-19. Warga juga tampak berusaha menjaga jarak ditengah keramaian pasar,” Ucap Juliana.(De-res)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *