Pasar Agropolitan Sadaniang Jadi Sorotan Global Affairs Canada

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SADANIANG, MEMPAWAH – H. Ria Mulyadi S.Sos., ketua DPRD Kabupaten Mempawah bersama Hj. Erlina SH.,MH. Bupati Mempawah, Kepala Dinas Bappeda kabupaten mempawah, camat sadaniang menyambut kedatangan kunjungan dari Global Affairs Canada yakni Mr. Mark Mostovac (Senior Director) dan Mrs Melisa Go (Senior Development Officer) beserta para pejabat dari Kementerian PPN/BAPPENAS, Kemenko PMK, Kemendes PDT, Kemen PUPR, Kementrian ATR, Kemenko Bid Perekonomian, Kementerian Pariwisata, Kementrian Pertanian dan Kementrian Koperasi dan UKM, di kecamatan sadaniang., Selasa (18/02/2020).

Agenda kunjungan adalah meninjau langsung Pasar Agropolitan di Kecamatan Sadaniang, karena lokasi ini masuk dalam program National Support for Local Investment Climates (NSLIC/NSELRED), melalui skema Dana Inovasi Responsif (RIF) tahun 2020.

H. Ria Mulyadi S.Sos., Ketua DPRD Kabupaten Mempawah menyampaikan, “bahwa proyek NSLIC/NSELRED merupakan program kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) dalam mendukung kapasitas stakeholder meningkatkan iklim investasi lokal dan pengembangan ekonomi lokal dan daerah di beberapa kabupaten/kota, maka terpilihlah kecamatan Sadaniang kabupaten mempawah provinsi Kalimantan Barat pada program tersebut.”

“Proyek NSLIC/NSERED juga mendukung Pemerintah Pusat dalam mengembangkan berbagai inovasi daerah di Indonesia dalam meningkatkan pengembangan ekonomi lokal dan regional yang sejalan dan mendukung target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).” Jelasnya.

“Mudah-mudahan realisasi program ini dapat meningkatkan iklim usaha dan memberikan kemudahan investasi di Kabupaten Mempawah, khususnya di Kecamatan Sadaniang.” harap Ria Mulyadi.

Mr. Mark Mostovac (Senior Director), menyampaikan, apresiasi kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PPN/Bappenas, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Mempawah beserta seluruh jajaran atas kesuksesan pengembangan inovasi yang didorong melalui pelaksanaan program RIF.

“Atas nama Pemerintah Kanada, Saya mengucapkan selamat dan sangat berterima kasih kepada semua jajaran Pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah beserta semua mitra atas kolaborasi yang erat dalam pelaksanaan program RIF di kecamatan sadaniang Kabupaten Mempawah.” ucap Mark Mostovac

“Pemerintah kanada percaya bahwa pembangunan ekonomi lokal dan pemberdayaan ekonomi sangat penting untuk pemberantasan kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran. Kami sangat senang dapat berkontribusi untuk kualitas kehidupan yang lebih baik bagi laki-laki dan perempuan secara adil di kecamatan sadaniang Kabupaten Mempawah. Inovasi pertanian terintegrasi semacam ini dapat menjadi pencontohan yang dapat direplikasi untuk menciptakan mata pencaharian lokal yang lebih baik dan meningkatkan pendapatan keluarga di seluruh Indonesia.” kata Mark Mostovac

Kementerian (PPN)/Bappenas, menyampaikan “agenda pembangunan nasional yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) menegaskan pentingnya kebijakan, program dan kegiatan yang nyata dan terukur untuk mendorong percepatan pembangunan perdesaan dan daerah. Pengembangan ekonomi lokal merupakan penopang utama kinerja perekonomian nasional. Selaras dengan tujuan tersebut, Pemerintah Daerah dipandang mampu melakukan berbagai inovasi pembangunan ekonomi jika ditunjang dengan dukungan teknis dan perangkat yang tepat.

“Pembangunan Kawasan perdesaaan merupakan salah satu sasaran pokok yang mendukung pengembangan pusat-pusat pertumbuhan baru untuk mempercepat pembangunan daerah dan mengurangi kesenjangan pembangunan antar-wilayah, yang dilakukan melalui pengembangan ekonomi lokal berbasis produk unggulan masing-masing daerah terpilih.” ungkapnya. (Guns/redPKP).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *