Pantai Selatan Garsel Dipasangi Rambu Jalur Evakuasi Tsunami

POSTKOTAPONTIANAK.COM

GARUT, Tiga kecamatan dikabupaten Garut Jawa Barat dipasangi rambu penanda jalur evakuasi bencana rambu tersebut dipasang guna mengarahkan warga menuju lokasi aman saat muncul ancaman tsunami. Hal itu di tegaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Dik Dik Hendrajaya sebagai mana di lansir beberapa media Minggu kemarin.

Pantai Ranca Buaya di kecamatan Caringin salah satu pantai yang di pasangi rambu tsunami (Ist)Dijelaskan Dikdik, pemasangan rambu-rambu bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan warga di pesisir pantai sehinga mereka mengetahui arah jalur penyelamatan dan mengurangi resiko bencana tsunami. Tiga kecamatan yang dipasang rambu tersebut adalah kecamatan Caringin, Pameungpeuk, dan Cikelet yang berbatasan langsung dengan pantai selatan pulau Jawa.

“ Ada sekitar 120 papan rambu yang kita pasang . Dana pengadaan rambu-rambu tersebut berasal dari bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diberikan melalui BPBD Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Menurut Dik Dik, pemasangan rambu-rambu tersebut sekaligus melengkapi sistem peringatan dini tsunami yang berada di pesisir Garut Selatan. Saat ini sudah terdapat 7 alat peringatan dini yang tersebar di 7 kecamatan yaitu Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Pakenjeng, Bungbulang, Mekarmukti, dan Caringin.

“ Semuanya merupakan sumbangan dari BNPB yang diberikan pada 2013. Pengadaan sistem peringatan dini tersebut merupakan bagian dari langkah BPDB Garut dalam menerapkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,” demikian Dikdik. (Asep Nasrudin)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *