Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Beri Pembekalan Latihan Pratugas kepada Tim Korem 081/Dhirotsaha Jaya di Kalimantan Barat

Kubu Raya – Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos, membenarkan bahwa, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi memimpin acara pembekalan perencanaan latihan Pratugas, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) untuk dilaksanakan di Satuan Korem 081/Dhirotsaha Jaya. Pembekalan dilaksanakan pada Jumat malam, 23 Februari 2018, di Aula Markas Kodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang No 1, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Dikatakan Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos, dalam pembekalan diberikan kepada unsur perencanaan Latihan Pratugas Satgas Pamtas, kepada Komandan Korem 081/Dsj yang diwakili Kolonel Infanteri Jacky beserta Staf. “Diantaranya dibekali kondisi secara umum wilayah perbatasan Republik Indonesia – Malaysia, tentang kondisi geografi, demografi dan Kondisi Sosial Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, kondisi Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu,” terangnya.

Tim dari Korem 081/Dsj beserta Staf nya juga, dibekali dengan kondisi patok batas yang ada di wilayah perbatasan Republik Indonesia – Malaysia di Kalimantan Barat, tutur Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti.

Selain itu, peserta pembekalan diberikan informasi tentang maraknya kasus ilegal, yang sangat disoroti masih dijadikan tempat untuk masuknya peredaran jenis Narkoba bukan hanya melalui perbatasan darat, terbukti pada awal bulan Februari tertangkap 1 Ton jenis Narkoba yang di bawa oleh kapal asing.

Dengan demikian, satuan yang mengemban tugas menjaga perbatasan NKRI akan jauh lebih baik, jauh lebih bagus, jauh lebih berhasil dari satuan sekarang. “Bukan berarti satuan yang sekarang tugas ini tidak baik dan tidak bagus, namun kita berharap satuan pengganti yang lebih bagus kedepannya”.

Perlu diketahui, bahwa Satuan Korem 081/Dhirotsaha Jaya (Kodam V/Bawijaya) adalah masih dalam tahap perencanaan Latihan Pratugas Satgas Pengamanan Perbatasan dengan harapan kedepan, penyiapan makin bagus dan hasilnya juga akan lebih bagus.

“Untuk sekarang ini, Satgas Pamtas masih di jaga oleh Satuan Batalyon Intanteri 642/Kapuas dan Batalyon Infanteri 123/Rajawali,” tutup Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos., mengakhiri./*

Publish : abe PKP / Postkotapontianak.com

Sumber : Pendam XII/ Tpr.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *