Pangdam XII/Tpr Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Ket Foto bersama : Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Toto Rinanto S. Mayor Jenderal TNI dan Bupati Kubu Raya./ doc. Pendam XII/Tpr
Ket Foto bersama : Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Toto Rinanto S. Mayor Jenderal TNI dan Bupati Kubu Raya./ doc. Pendam XII/Tpr

KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Selaku insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita selalu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada saat ini kita masih diberikan kekuatan, kesehatan lahir dan batin sehingga dapat mengikuti Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam, dalam keadaan sehat wal’afiat. Demikian disampaikan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Toto Rinanto S. Mayor Jenderal TNI, Kamis (26/11/2015) bertempat halaman kantor Bupati Kubu Raya.

Pada kegiatan tersebut hadir, Gubernur Kalbar, Walikota Pontianak dan Bupati Kubu Raya, Danlantamal XII/Pontianak dan Danlanud Supadio, Irdam, Staf Ahli, para Asisten, LO AL dan LO AU, para Komandan Satuan dan para Kabalak Kodam XII/Tpr,
Kapolresta Pontianak, Kepala BPBD/Basarnas Pontianak, Kepala BKSDA, Komandan Satpol PP, Asosiasi Damkar dan Unsur Masyarakat.

Kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam kebakaran hutan dan lahan ini akan diikuti oleh 300 orang pesonel gabungan yang melibatkan Anggota TNI, Polri, Instansi Sipil, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BKSDA (Manggala Agni/Dinas Kebakaran Hutan), Basarnas dan BPBD Provinsi.

Memurutnya, dilaksanakannya Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja Komandan dan Staf dengan unsur-unsur yang terlibat dalam  merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan pengendalian operasi penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan.

Disamping itu, Latihan kali ini juga untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait, dalam melaksanakan operasi bantuan melalui Pola Operasi Militer Selain Perang sesuai dengan Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004, ujar Pangdam.

Dalam hal ini Kodim 1207/BS sebagai Satuan Komando Kewilayahan mempunyai tugas membantu Pemerintah Daerah Prov/Kab/Kota dalam menangani bencana alam.

Dikatakanya, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau Indonesia yang hampir tak tersentuh oleh potensi kerawanan bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami, namun Pulau yang kaya akan sumber daya energi dan mineral seperti batu bara, minyak, gas bumi dan batu alam juga memiliki ancaman bencana alam seperti Kebakaran Lahan, Hutan dan Pekarangan.

TNI, Polri, Instansi Sipil, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BKSDA (Manggala Agni/Dinas Kebakaran Hutan), Basarnas, BPBD Provinsi dan instansi lainnya melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam dengan harapan untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit maupun badan lainnya dalam mengantisipasi serta terwujudnya suatu konsep strategis dengan membangun pola kerjasama terpadu yang efektif dan efisien berupa Rencana Operasi Penanggulangan Bencana Alam, yang dapat timbul dimana saja secara mendadak, terang Toto Rinanto.

Lanjutnya, hal itu tentunya menuntut kita semua untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana alam dengan senantiasa meningkatkan kemampuan dan menyiapkan diri menghadapi tugas tanggap segera dalam mengatasi setiap bencana alam yang terjadi di wilayah ini.

“ Kita berharap dalam upaya penanggulangan bencana alam harus dapat dilakukan secara terpadu, terkoordinasi dan terencana, baik dengan pemerintah maupun dengan masyarakat, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam, seperti kebakaran hutan dan lahan, evakuasi korban ataupun bantuan kemanusiaan lainnya,” himbau Pangdam XII/Tpr .

Guna mencapai hasil yang optimal pada latihan ini, saya tekankan kepada peserta latihan, khususnya penyelenggara, agar berpedoman pada naskah yang telah disusun, sehingga latihan dapat berjalan dengan tertib dan lancar, tegasnya.

Sedangkan kepada para pelaku, laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan serta jangan hanya sekedar melaksanakan program rutin semata, tetapi latihan ini harus dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk bertindak dan berbuat, sekaligus sebagai gambaran langkah apa saja yang harus dilaksanakan di lapangan apabila terjadi bencana alam imbuh Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Toto Rinanto S. Mayor Jenderal TNI ./ devi Lehendara


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *