Pangdam XII/Tpr Pimpin Rapat Pembentukan Kogasgabpad Tangani PMI

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK. Senin (18/5/20) – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin rapat pembentukan Komando Tugas Gabungan Terpadu dalam rangka penanganan Pekerja Imigran Indonesia (PMI) di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Rapat berlangsung di Aula Khatulistiwa II, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

Rapat dihadiri oleh Wakapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Danlantamal XII/Pontianak, Ny. Agnes Spd mewakili Sekda Kalbar, Kasdam XII/Tpr, serta diikuti oleh unsur dari Dinas Kesehatan, BPBD, Satpol PP, Bea Cukai, Karantina, Dinas Tenaga Kerja dan pihak terkait lainnya.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat membuka rapat menyampaikan, akan terjadi gelombang kepulangan warga negara indonesia (WNI) yang kembali dari luar negeri baik itu sebagai mahasiswa atau pekerja Imigran Indonesia (PMI). Tuntutan dari pemerintah bagi semua WNI yang kembali ke wilayah Indonesia diberlakukan protokol kesehatan secara internasional.

“Untuk itu ada perintah untuk menyiapkan Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad),” ujarnya.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan Kogasgabpad ini sudah dibentuk di Kodam Jaya dan Kodam I/BB dan rencana akan dibentuk di Kodam IX/Udayana dan Kodam XII/Tpr.

Lanjutnya menyampaikan, diketahui bersama bahwa sekarang ini penanganan PMI melalui PLBN telah dilaksanakan bersama meskipun belum mengacu pada protokol kesehatan Internasional. Karena diketahui bahwa pemerintah memang ada keterbatasan.

Untuk itu dalam rangka kesiapan tersebut maka secara tehnis akan dipaparkan oleh Asops tentang bagaimana gugus tugas ini mulai dari pengorganisasian dan tugas dan tanggung jawab masing-masing bagian.

“Sehingga masing masing bagian dapat membuat perencanaan – perencanaan untuk mulai menyiapkan personel dan materiil yang akan dipergunakan dalam Kogasgabpad,” harapnya.

Pangdam XII/Tpr juga menyampaikan
Kogasgabpad nantinya akan berada dibawah Gugus Tugas Provinsi. Oleh karena itu Kogasgabpad bekerja simultan.

“Kogasgabpad nantinya akan dititikberatkan dalam penanganan kesehatan di perbatasan. Ada tiga Satgasgabpad yaitu di Sambas, Sanggau dan Kapuas Hulu. Inilah tiga tempat yang akan menjadi prioritas kita didalam melaksanakan pengamanan pada PMI yang akan kembali ke Indonesia,” ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *