Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab Beserta Jajarannya Lakukan Kunjungan Silahturahmi dengan Pemkab Melawi

KALBAR -MELAWI , Dalam kunjungan Silahturahmi tersebut,Pangdam beserta Jajarannya di sambut langsung Oleh Bupati Melawi Panji.S.sos di Pendopo Rumah jabatan Bupati Melawi (29/7/19)Senin Petang

turut hadir dalam kesempatan tersebut,Forkompinda, Wakapolres unsur pimpinan DPRD,ketua Tim penggerak PKK kabupaten Melawi Ny Nurbeitty Eka Mulyastri.SE, Panji, GOW, tokoh masyarakat ,tokoh agama,tokoh adat serta undangan lainnya

Selanjutnya Penyampaian kata sambutan ungkapan terimakasih kepada Panglima kodam XII Tanjung pura, beserta rombongan oleh Bupati Melawi Panji.S.sos,
Karena telah berkenan mengunjungi dan bersilahturahmi ke kabupaten Melawi

Kepada awak media,Pangdam menjelaskan “Kunjungan Saya ke sini bersama rombongan,dalam rangka silaturahmi ,untuk mengadakan komunikasi dengan masyarakat, dalam hal ini Pemerintah daerah,untuk melihat bagaimana konektivitas kerjasama dari satuan saya dengan pemerintah daerah,karena di dalam pemerintah daerah ini,ada di sebut dengan
Forkompinda, yang melaksanakan kebijakan pimpinan, Bagaimana Konektivitas dengan bawahan kami yaitu Dandim
Bagaimana anggota saya melaksanakan tugas di sini melaksanakan komunikasi sosial dengan Masyarakat,khususnya bagaimana memajukan, ikut membantu pemerintah daerah dalam memajukan kesejahteraan,pendidikan,kesehatan sesuai dengan kemampuan yang miliki TNI, ungkap Pangdam.

Terkait persoalan Kebakaran Hutan dan lahan,(Kahutla) di jajaran Badan penanggulangan Bencana Nasional,(BNPB ) Sudah di ada yang bertanggung jawab,di daerah juga sudah ada Badan penanggulangn bencana Daerah yang bertanggung jawab, bagaimana mengatasi dan kami di jajaran TNI dan POLRI juga sudah di berikan tanggung jawab,ujarnya.

Sementara organisasi ini masih menempel yang ketuanya adalah Wakil gubernur dan wakilnya adalah Damrem, kendati ada organisasi baru yang belum sampai ke kami, kami siap untuk mendukung itu.

Dan kita lihat di jajaran,mungkin Dandim sudah melaporkan pelaksanaan itu ke Bupati ,Kita di dukung sebanyak 1500 personil khususnya di TNI,Kepolisian juga ada, untuk membantu bagaimana menangai kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Barat, juga di Kalimantan Tengah, berkaitan dengan bebiasan oknum masyarakat yang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar lahan, menjadi keariban lokal, untuk mengubah paradigma tersebut, Pangdam mengatakan
bagaiman konektivitas Bupati dan TNI, dalam menanggulangi hal itu, kami dari TNI hanya membantu,pastinya di pemerintah daerah sudah ada cara bagaimana mengubah manset itu, melakukan sosialiasi dan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara tradisional ,mungkin dengn tehnik yang lebih moderen,karena hampir di setiap pertengahan tahun selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan baik Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

” Kami bersama jajaran selalu mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, kita berharap kedepannya sepuluh tahun kedepan pembakaran lahan ini tidak terjadi lagi, harapnya.

Sementara itu Bupati Melawi, Panji, S.Sos mengatakan, dirinya pribadi Dan atas nama pemerintah daerah beserta masyarakat sangat berterimakasih atas kunjungan Bapak Mayjen TNI Herman Asaribab selaku Pangdam XII Tanjungpura beserta rombongan Untuk melakukan komunikasi dengan permerintah daerah dan masyarakat Melawi.

” Kunjungan Pangdam XII Tanjungpura Ini merupakan kunjungan dari orang tua kepada anak – anaknya,karana kunjungan Ini merupakan sebilah perhatian kita dan kecintaannya Pangdam kepada kita sehingga Pangdam bisa datang ke tempat kita, ini merupakan perhatian besar terhadap kita dari Panglima beserta jajaran TNI khususnya Kodam XII Tanjungpura, ” ujar Panji.

Singkatnya kita berterimakasih atas perhatiannya yang luar biasa kepada kita,atas pemantauan,pengawasan dan pendampingan.

Panji juga menjelaskan Kabupaten Melawi Untuk kedepannya akan menjadi Kabupaten yang sangat strategis di wilayah barat dan timur. Karana untuk wilayah barat Kabupaten Melawi nantinya akan terhubung dengan jalan darat menuju Kabupaten Kayong dan Kabupaten Ketapang .

Dimana Kabupaten Ketapang, disana sudah ada Pelabuhan laut. Sementara Untuk wilayah Timur Kabupaten Melawi akan berhubungan dengan Propinsi Kalimantan Tengah Dan Palangkaraya, karana sekarang lagi dalam proses pembangunan ruas jalan dari Kecamatan Ella hilir Kabupaten Melawi menuju Kabupaten Katingan, dan Lamandau ini merupakan jalan strategis nasional, maka kedepan posisi Melawi yang sangat strategis ini kita berharap keberadaan Kodim di Kabupaten Melawi sangat di butuhkan

“Keberadaan Kodim di Kabupaten Melawi Ini sudah merupakan satu Ventil harapan, kerinduan dan kebutuhan, bahwa Kodim sedapat mungkin segera ada di Kabupaten Melawi , Karna Untuk kesiapan lokasi pembangunan Kodim sudah di siapakan,” harap Panji.

Menyikapi harapan Dan wacana Bupati Melawi Panji. S. Sos, berdirinya Kodim di Kabupaten Melawi .

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan,Berdirinya Kodim di satu daerah ini timbul dari pemerintah daerah, bukan dari TNI. Jika Permerintah Daerah merasa keberadaan Kodim di perluan, hal ini tentunya pemerintah Daerah harus mengirimkan surat kepada kami, untuk kami tindaklanjuti ke pimpinan kami,Kasad dan Panglima TNI.

” Jika Kebutuhan di satu Daerah Dan permerintah Daerah telah mengirim surat , tentu Ini menjadi prioritas, karena permintaan dari pemerintah Daerah ,bukan inisiatif dari kami. Apalagi Bupati sudah menyiapkan lahan untuk menjadi sarana dan fasilitas Kodim kedepan kata Pangdam./ Jon- Melawi.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *