Pangdam XII/Tpr Buka Program Petasan di Perbatasan RI – Malaysia

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Kapuas Hulu) -, Jumat (15/11/19) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad membuka program kegiatan Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan (Petasan) yang digelar oleh Korem 121/Alambhana Wanawwai di wilayah perbatasan tepatnya di Sekolah Dasar Negeri 04 Merakai Panjang, Desa Merakai Panjang, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu.

Tampak pejabat yang hadir dalam acara Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, Asops Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Fredy Sianturi, Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf M. Asep Apandi, Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Basyarudin serta unsur Forkopimda Kapuas Hulu.

Pembukaan program Petasan kali ini ditandai dengan pemasangan keramik lantai SDN 04 Merakai Panjang oleh Pangdam XII/Tpr. Dalam kesempatan tersebut Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga memberikan bantuan secara simbolis berupa tas kepada 5 kepala sekolah yang berasal dari sekolah dasar di wilayah Puring Kencana.

Selanjutnya, Pangdam XII/Tpr juga meninjau kegiatan petasan lainya yaitu bakti sosial berupa pengobatan dan KB gratis yang diikuti oleh masyarakat sekitar Merakai Panjang. Selain itu juga meninjau kegiatan penyuluhan gerakan 21 hari cuci tangan dan Bazar.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat memberikan keterangan mengatakan, program Petasan yang dilaksanakan saat ini sebagai upaya TNI dalam mendukung dan mensukseskan  program pemerintah terutama apa yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Dikatakan juga oleh Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, dalam pidato presiden Joko Widodo pada sidang paripurna MPR – RI dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih telah mencanangkan lima program kerja pemerintah yaitu pertama pembangunan Sumber daya manusia (SDM),  pembangunan infrastruktur,  regulasi sederhanakan, penyederhanaan birokrasi dan kelima transformasi ekonomi.

Menurutnya, program Petasan tersebut lebih menitikberatkan kepada peningkatan Sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Salah satunya adalah melakukan perehaban Sekolah Dasar Negeri 04 Merakai Panjang.

“Saya berharap kegiatan Petasan akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan agar dapat membantu program pemerintah terutama dalam upaya pembangunan SDN,” harap Pangdam XII/Tpr.

“Melalui peningkatan SDM tersebut juga menjadi modal awal dalam mempersiapkan generasi muda kaum milenial agar memiliki SDM yang unggul dan berdaya saing, mengingat kita berada di daerah perbatasan,” tambahnya.

Sedangkan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero saat memberikan sambutan menyampaikan, melalui program Petasan TNI hadir di tengah masyarakat. Program ini sangat membantu untuk meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan serta peningkatan karakter yang berlandaskan nasionalisme, bela negara dan cinta tanah air.

“Kami sebagai pemerintahan daerah akan selalu mendukung program-program TNI dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia maupun pembangunan fisik maupun non fisik,” pungkasnya.(Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *