Pangdam Pimpin Acara Tradisi dan Sertijab Pejabat Kodam XII/Tpr

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Kubu Raya, Rabu (22/4/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Korem (Danrem) 121/Alambhana Wanawwai dan Danrem 102/Panju Panjung bertempat di koridor gedung A Makodam XII/Tpr. Jabatan Danrem 121/Abw diserahterimakan dari Brigjen TNI Bambang Trisnohadi kepada Brigjen TNI Ronny, S.A.P., sedangkan untuk jabatan Danrem 102/Pjg diserahterimakan dari Kolonel Arm Syaiful Rizal, S.Sos., kepada Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

Selain jabatan Danrem 121/Abw, juga diserahterimakan 2 jabatan lainnya, yaitu jabatan Irdam XII/Tpr, dari Kolonel Czi Denny Herman kepada Kolonel Kav Widhioseno, S.E., M.Hum. Jabatan Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, dari Kolonel Czi Gumuruh, S.E., M.B.A., kepada Kolonel Czi Ita Jayadi.

Demikian disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., dalam rilisnya di Kubu Raya, bahwa, pergantian pejabat tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI nomor: Kep/385/IV/2020 tanggal 9 April 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Pejabat lama Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi telah menjabat sejak 23 Oktober 2018, selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih (Papua). Sedangkan penggantinya Brigjen TNI Ronny, S.I.P sebelumnya menjabat Kabinda Maluku BIN. Beliau adalah putra kelahiran Ketapang, Kalbar, merupakan lulusan Akademi Militer 1987.

Sedangkan untuk Pejabat lama Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm Syaiful Rizal, S.Sos., telah menjabat sejak 28 Desember 2018. Selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Pamen Mabesad. Sedangkan Brigjen TNI Purwo Sudaryanto sebelumnya menjabat sebagai Bandep Ur. Lingsos Setjen Wantannas. Beliau tidak asing lagi di lingkungan Kodam XII/Tpr, sebab saat masih berpangkat Kolonel, beliau juga sudah pernah menjabat sebagai Danrem 102/Pjg.

“Penunjukan Brigjen TNI Purwo Sudaryanto sebagai Danrem 102/Pjg ini terkait dengan rencana alih status Korem 102/Pjg dari Korem tipe B naik status menjadi Korem tipe A,” terang Kapendam.

Sementara itu untuk pejabat lama Irdam XII/Tpr, Kolonel Czi Denny Herman akan menempati jabatan barunya sebagai Irlog Itben Itjenad. Sedangkan penggantinya Kolonel Kav Widhioseno, S.E., M.Hum sebelumnya menjabat Kadeplat Sesko TNI. Untuk pejabat lama Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, Kolonel Gumuruh, S.E., M.B.A., akan menduduki jabatan baru sebagai Danrem 064/MY (Serang) Kodam III/Slw.

Dijelaskan Kapendam XII/Tpr bahwa, alih tugas dan serah terima jabatan di lingkungan TNI AD, merupakan upaya penyegaran dalam tubuh organisasi yang dilandaskan pada kepentingan pembinaan personel dan pembinaan satuan, yang diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi, guna menjamin pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

Pelaksanaan serah terima jabatan kali ini sedikit berbeda dari biasanya karena tetap mengacu pada protokol kesehatan yang berlaku ditengah pandemi Covid- 19, dimana sertijab tetap menggunakan masker, kaca mata, sarung tangan serta pengaturan jarak antar pejabat dan dalam pelaksanaanya dilakukan secara bergelombang tanpa menghilangkan makna dari acara tersebut.

Sertijab para Danrem jajaran Kodam XII/Tpr yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut, antara lain ditandai dengan penanggalan tanda jabatan dan tongkat komando, penyerahan dhuaja, penandatanganan berita acara serah terima jabatan, dan sekaligus dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Persit Kartika Candra Kirana.

Sebagai informasi, sebelumnya pelaksanaan acara sertijab juga telah dilaksanakan acara tradisi penerimaan warga baru Kodam XII/Tpr, yang dipimpin oleh Pangdam XII/Tpr di pelataran Monumen Sejarah Kodam XII/Tpr. Yang diikuti oleh empat pejabat baru Kodam XII/Tpr. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *