PANDANGAN UMUM FRAKSI PDI PERJUANGAN DPRD KABUPATEN SINTANG TERHADAP PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN DAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SINTANG TENTANG APBD KABUPATEN SINTANG TAHUN ANGGARAN 2018

SESUAI DENGAN KETENTUAN UNDANG-UNDANGNOMOR 23 TAHUN 2014 YANG SEBAGIAN TELAH DIUBAH BEBERAPA KALI TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2015 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH MENYATAKAN BAHWA PERUBAHAN APBD DAPAT DILAKUKAN APABILA TERJADI PERKEMBANGAN YANG TIDAK SESUAI LAGI DENGAN ASUMSI KEBIJAKAN UMUM APBD, KEADAAN YANG MENYEBABKAN HARUS DILAKUKAN PERGESERAN ANGGARAN ANTARA UNIT ORGANISASI, ANTAR KEGIATAN, DAN ANTAR JENIS BELANJA SERTA KEADAAN YANG MENYEBABKAN SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN TAHUN SEBELUMNYA HARUS DIGUNAKAN UNTUK PEMBIAYAAN DALAM TAHUN ANGGARAN BERJALAN. DAN SESUAI DENGAN KETENTUAN PASAL 316 AYAT (1), DAN MENGACU KEPADA PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 13 TAHUN 2006 TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PASAL 172 AYAT 1, MENYATAKAN KEPALA DAERAH MENYAMPAIKAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERUBAHAN APBD, BERSERTA LAMPIRANNYA KEPADA DPRD PALING LAMBAT MINGGU KE DUA BULAN SEPTEMBER TAHUN ANGGARAN BERJALAN UNTUK MENDAPATKAN PERETUJUAN BERSAMA, DAN AYAT 4 PEMBAHASAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH BERPEDOMAN PADA KEBIJAKAN UMUM PERUBAHAN APBD SERTA PRIORITAS PLAFON ANGGARAN PERUBAHAN APBD YANG TELAH DISEPAKATI ANTARA KEPALA DAERAH DAN PIMPINAN DPRD,SERTA PERATURAN DPRD KABUPATEN SINTANG NOMOR 1 TAHUN 2014 PADA PASAL 9 AYAT 3, YANG MEMBERIKAN KETEGASAN HUKUM BAHWA SALAH SATU FUNGSI DPRD ADALAH MENJALANKAN FUNGSI ANGGARAN YAITU BERSAMA-SAMA DENGAN PEMERINTAH DAERAH UNTUK MENYUSUN DAN MENETAPKAN APBD.

SIDANG DEWAN DAN HADIRIN YANG KAMI HORMATI,

SETELAH MEMPELAJARI PIDATO PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN DAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SINTANG TENTANG APBD KABUPATEN SINTANG TAHUN ANGGARAN 2018 DAN BERDASARKAN KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU MAKA DENGAN MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, FRAKSI PDI PERJUANGAN BERPENDAPAT BAHWA TERDAPAT PENURUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAERAH DARI TAHUN 2017 YAITU SEBESAR 2,30% PADA TAHUN 2018 INI, MAKA FRAKSI PDI PERJUANGAN MEMBERI RESPON POSITIF TERHADAP PENURUNAN INI MESKIPUN TIDAK SIGNIFIKAN DAN INI ADALAH MASALAH KITA BERSAMA, OLEH SEBAB ITU FRAKSI PDI PERJUANGAN MENAWARKAN SUPAYA MASALAH MENURUNAN PENDAPATAN DAERAH DIBAHAS PADA RAPAT GABUNGAN KOMISI DI DPRD KABUPATEN SINTANG.

SIDANG DEWAN DAN HADIRIN YANG KAMI HORMATI,

SEBELUM KAMI MENGAKHIRI PANDANGAN UMUM FRAKSI PDI PERJUANGAN, KAMI MENYAMPAIKAN BEBERAPA SARAN SEBAGAI BERIKUT:

  1. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH AGAR MELAKUKAN SINGKRONISASI TERHADAP PENETAPAN INFRASTRUKTUR BERSAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SINTANG, HAL INI PERLU DILAKUKAN UNTUK KITA BERSAMA MENGOPTIMALKAN  BATANG TUBUH  APBD DAN RPJMD SAUDARA BUPATI DAN WAKIL BUPATI.
  2. DISARANKAN KEPADA BUPATI SINTANG AGAR DALAM PENGGUNAAN ANGGARAN HARUS LEBIH MELIHAT PADA SKALA PRIORITAS YANG BENAR-BENAR MENYENTUH KEPADA KEPENTINGAN DASAR MASYARAKAT KABUPATEN SINTANG TERUTAMA INFRASTRUKTUR JALAN DAN JEMBATAN.
  3. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH MELALUI DINAS PU AGAR DIANGGARKAN  JEMBATAN GANTUNG YANG ROBOH AKIBAT BANJIR PADA BULAN FEBRUARI KEMARIN, YANG SAMPAI SAAT INI  BELUM ADA  TINDAK LANJUT DARI DINAS TERKAIT YANG TERNYATA TELAH BEBERAPA KALI MELAKUKAN PENGUKURAN YANG BERADA DI DESA BARAS NABUN KECAMATAN SERAWAI.
  4. DISARANKAN KEPADA BUPATI SINTANG AGAR DAPAT MEMBANGUN JEMBATAN KAYU DI SUNGAI KEBIAU, DESA KEBIAU BARU PADA APBD TAHUN 2018.
  5. DIMOHON KEPADA BUPATI SINTANG AGAR PEKERJAAN JEMBATAN RANGKA BAJA DI NANGA TEMPUNAK DAPAT SEGERA DILANJUTKAN .
  6. MOHON PENJELASAN KEPADA BUPATI TERHADAP ANTISIPASI PENANGANAN DAN PEMELIHARAAN JALAN SINTANG MENUJU KETUNGAU TERUTAMA JALAN YANG SUDAH MENJADI RUAS PROVINSI, YANG PADA SAAT INI SUDAH MENGALAMI RUSAK PARAH. KARNA SAMPAI HARI INI KITA BELUM MENGEAHUI TINDAK LANJUT PENANGANANNYA DARI PEMERINTAH PROVINSI.
  7. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SINTANG UNTUK MEMBANGUN SARANA PUBLIK KHUSUSNYA TAMAN TERBUKA HIJAU YANG SAAT INI MASIH SANGAT-SANGAT MINIM ATAUPUN JUGA TEMPAT JOGGING TRACK DI WILAYAH JALAN KELAM TEPATNYA DI LUAR PAGAR HUTAN WISATA BANING SEPANJANG DARI SIMPANG KOREM MENUJU ARAH TUGU BEJI, SARANA INI SANGAT DIBUTUHKAN UNTUK MEMENUHI KEINGINAN MASYARAKAT AKAN KEBUTUHAN AREAL TAMAN TERBUKA.
  8. DISARANKAN KEPADA BUPATI SINTANG UNTUK MEMPERHATIKAN DAN MENANGANI RUAS JALAN SEBAGAI BERIKUT :
  • JALAN SUNGAI MARAM MENUJU NANGA LEBANG  KECAMATAN KELAM PERMAI
  • JALAN BERAN MENUJU UJUNG KULAN DESA MANDIRI JAYA KECAMATAN KELAM
  • PENINKATAN JALAN KELUTAP KECAMATAN KELAM PERMAI
  • PENINGKATAN JALAN MANTIR MENUJU KAJANG BARU KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN
  • JELAN JERORA MENUJU SUNGAI DAUN KECAMATAN SINTANG
  • JALAN SIMPANG TIGA MENSIKU KECAMATAN BINJAI.
  1. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH AGAR MELAKUKAN PEMBUKAAN JALAN NANGA DEMU MENUJU DESA LIMBUR BERNAUNG, MENGINGAT DIJALUR SUNGAI DEMU INI TERDAPAT TIGA DESA YANG TERGANTUNG PADA PASANG SURUTNYA AIR HINGGA MASYARAKAT BARU DAPAT MENUJU KE KECAMATAN SERAWAI.
  2. DIMOHON KEPADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI SINTANG UNTUK MELAKUKAN PENANGANAN DAN PENINGKATAN RUAS JALAN TEMPUNAK MENUJU PENYANGKAK KILOMETER 1 HINGGA KILOMETER 4 KECAMATAN TEMPUNAK SERTA RUAS JALAN BEGANDUNG AGAR PADA TAHUN 2018 NANTI DAPAT DITERUSKAN PEKERKERJAANNYA.
  3. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH AGAR MELANJUTKAN PEMBUKAAN JALAN ANTAR DESA PURUK BERIBIT MENUJU DESA SAKE.
  4. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH UNTUK MENGANGGARKAN RUAS JALAN SEPAUK MENUJU LENGKENAT, RUAS JALAN PENGHUBUNG DESA TANJUNG RIA MENUJU DESA TEMIANG KAPUAS, KEMUDIAN RUAS JALAN SP-2 MENUJU NANGA PARI, DAN JUGA DIANGGARKANNYA UNTUK JEMBATAN SUNGAI RAYA.
  5. DIMINTA KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN SINTANG UNTUK SERIUS MEMPERJUANGKAN TENAGA-TENAGA PENGAJAR HONORER UNTUK BISA DIANGKAT MENJADI PEGAWAI NEGERI, BAIK MELALUI PROGRAM – PROGRAM PENGANGKATAN DARI PEMERINTAH PUSAT MAUPUN DARI LAINNYA. TERMASUK GURU GARIS DEPAN (GGD) YANG BELAKANGAN INI MENJADI PERSOALAN KARANA TERDAPAT PENOLAKAN YANG SERIUS DARI KELOMPOK MASYARAKAT KABUPATEN SINTANG. SERTA MEMPERJUANGKAN TENAGA HONORER LAINNYA TERMASUK TENAGA KESEHATAN.
  6. DISARANKAN KEPADA BUPATI SINTANG UNTUK MEMBUKA GURU KONTRAK DAERAH SESUAI DENGAN KEBUTUHAN YANG ADA.
  7. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH AGAR PADA TAHUN 2018 INI UNTUK DIANGGARKANNYA REHAP RUMAH GURU SD DI KEPALA JUNGAI KECAMATAN AMBALAU YANG SELAMA INI MENGALAMI RUSAK PARAH DAN JUGA PENGADAAN RUMAH GURU YANG BERADA DI DESA RADE YANG SAAT INI MASIH TERDAPAT GURU YANG MENUMPANG DIRUMAH WARGA.
  8. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH MELALUI DINAS PENDIDIKAN AGAR DIANGARKAN PEMBUATAN KURSI DAN MEJA SEKOLAH TEPATNYA DI DESA MENSULONG BIOU, KARNA DARI AWAL SD ITU BERDIRI PADA TAHUN 2012 SAMPAI SAAT INI BELUM ADA FASILITAS MEJA  DAN KURSI NYA.
  9. MEMINTA KEPADA BUPATI SINTANG MELALUI DINAS TERKAIT UNTUK MENGADAKAN REHAP SEKOLAH DASAR DI DESA TERTUNG KECAMATAN SINTANG.
  10. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH MELALUI DISPERINDAKOP SUPAYA DIANGGARKANNYA MESIN KERAJINAN TANGGAN YANG BERADA DI DESA KORANGAN JUOI.
  11. DISARANKAN MELALUI DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN SUPAYA LEBIH PROAKTIF DALAM MEMBERIKAN DORONGAN TERHADAP KELOMPOK TANI LADA, KELOMPOK TANI KARET DAN KELOMPOK TANI KOPI YANG BERADA DIKECAMATAN SERAWAI  DAN AMBALAU, YANG DIMANA PADA SAAT INI PARA PETANI HANYA MENGANDALKAN SISTEM LADANG YANG BERPINDAH-PINDAH.
  12. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH MELALUI DINAS TERKAIT UNTUK MEMBERIKAN PELATIHAN, PENYULUHAN SERTA PENGAWASAN KEPADA PETANI, HAL INI DIKARNAKAN MASIH BANYAK LAHAN CETAK SAWAH YANG BELUM TERMANFAATKAN SECARA MAKSIMAL.
  13. DIMINTA KEPADA BUPATI SINTANG AGAR MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH YANG KASUSNYA TERUS MENINGKAT DI KABUPATEN SINTANG.
  14. DISARANKAN KEPADA BUPATI SINTANG AGAR DALAM MEMUTUSKAN PIMPINAN PDAM. TIRTA SENENTANG ADALAH ORANG YANG MEMILIKI KAPABELITAS SERTA KOMPETENSI YANG SESUAI DENGAN BIDANG TERSEBUT, SEBAB DIHARAPKAN KEDEPANNYA PDAM TIRTA SENENTANG MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI YANG BESAR DALAM PENINGKATAN PAD KABUPATEN SINTANG.
  15. DIMINTA KEPADA PEMERINTAH DAERAH UNTUK MENGAWASI SECARA KETAT PELAKSANAAN DAN PENYALURAN CSR DI SETIAP PERUSAHAAN DAN INVESTOR YANG MELAKUKAN KEGIATAN USAHANYA DIKABUPATEN SINTANG.
  16. DALAM MENGHADAPI TAHUN PILKADA GUBERNUR TAHUN 2018 DIHARAPKAN AGAR PEMERINTAH DAERAH MELAUI DINAS TERKAIT SERTA APARAT AGAR SECARA KETAT DAPAT MENGAWASI TERHADAP ORANG-ORANG BARU ATAUPUN PENDATANG YANG BARU MASUK  DIKABUPATEN SINTANG YANG TIDAK MEMILIKI IDENTITAS YANG JELAS. DEMI KELANGSUNGAN DAN MENJAGA STABILITAS KEAMANAN SERTA MENGHINDARI PERPECAHAN DI DALAM MASYARAKAT.
  17. DISARANKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH MELALUI INSTANSI TERKAIT UNTUK MENGAWASI SECARA KETAT TERHADAP ANTRIAN DI SPBU YANG MULAI MENINGKAT SERTA MENGAWASI PEREDARANNYA DAN  DEMIKIAN JUGA PADA PEREDARAN GAS ELPIZI.
  18. KAMI MEMINTA KEPADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI SINTANG AGAR PEMERINTAH DAERAH DAPAT MENYELESAIKAN PEMBANGUNAN RUMAH BETANG DI TAHUN 2018 HINGGA SELESAI SECARA FINAL BESERTA DENGAN FASILITAS PENDUKUNGNYA.

FRAKSI PDI PERJUANGAN MENGUCAPKAN BERIBU TERIMAKASIH KEPADA SAUDARA BUPATI DAN WAKIL BUPATI KARNA BARU SEKARANG MASYARAKAT PEDALAMAN MULAI MERASAKAN ADANYA PEMBANGUNAN, TERMASUK MASYARAKAT YANG BERADA DI KECAMATAN SERAWAI DAN AMBALAU.

DEMIKIANLAH KAMI SAMPAIKAN PANDANGAN UMUM FRAKSI PDI PERJUANGAN, DAN MOHON MAAF APABILA DALAM PENYAMPAIAN KAMI ADA HAL-HAL YANG KURANG BERKENAN, DAN TERIMA KASIH ATAS KETEKUNAN DAN PERHATIANNYA.

SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA  MELINDUNGI KITA SEMUA.

SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA.

SINTANG,  13 NOVEMBER 2017

FRAKSI PDI PERJUANGAN DPRD KABUPATEN SINTANG

                        KETUA,                                                  SEKRETARIS,

     ALAN                                             TUAH MANGASIH, ST, M.Si

JURU BICARA,

ALAN


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *