Outbound Semarakan Binter Terpadu Bela Negara Kodim 1203/Ketapang

Ketapang, Selasa (12/11/19)- Untuk memperkuat motivasi kesadaran bela negara di kalangan generasi muda, Komando Distrik Militer 1203/Ketapang pada hari Senin kemarin melaksanakan program Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu Bela Negara Tahun 2019 dengan menggelar kegiatan Outbound di SMAN 2 Ketapang, Jalan Wolter Monginsidi, Kec. Benua Kayong, Kab. Ketapang.

Sebanyak 80 pelajar yang berasal dari perwakilan masing-masing kelas di SMAN 2 Ketapang sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan Binter Terpadu Bela Negara yang digelar oleh Kodim 1203/Ktp kemarin. Diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, Bela Negara, tata cara upacara bendera, latihan PBB. Serta yang paling menarik bagi para pelajar tersebut adalah juga digelar kegiatan outbound. Untuk membangun atau meningkatkan rasa kebersamaan, kerjasama kelompok.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1203/Ktp, Kapten Inf Budi Santoso mewakili Dandim saat membuka acara mengatakan, kegiatan Binter Terpadu Bela Negara ini bertujuan untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan mempererat hubungan komunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa dalam menjaga kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Kita ingin meningkatkan serta merefresh kembali pemahaman tentang ketahanan bangsa untuk menangkal adanya ancaman, gangguan, dan hambatan dalam hidup berbangsa dan bernegara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan kegiatan tersebut para generasi muda dapat mengetahui betapa pentingnya pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, sehingga menyadari betul apa itu cinta tanah air, apa itu bela negara, sehingga akan tertanam pada jiwa mereka akan keutuhan NKRI” harapnya

Secara terpisah Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Jami’an,S.I.P., mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah, kegiatan ini dapat terwujud karena adanya keterpaduan dan kebersamaan yang semakin akrab serta menguatkan kemangunggalan TNI-Rakyat.

“Dengan kegiatan ini Kodim 1203/Ktp siap membina dan membentuk generasi penerus yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara, untuk mempererat ke-Bhineka Tunggal Ika-an dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Dandim. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *