Oso Minta Dermaga Diperbaiki

Sambangi Dermaga Penyeberangan Pasar

Oso tinjau dermaga penyeberangan pasar Sekadau./ ms-PKP
Oso tinjau dermaga penyeberangan pasar Sekadau./ ms-PKP

SEKADAU ! POSTKOTAPONTIANAK.com – Rombongan tim dari Wakil Ketua Majelis Permusyaawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) Oesman Sapta Odang (Oso) Setibanya dengan mengenakan helikopter pribadinya, langsung melakukan peninjauan ke dermaga pasar Sekadau, yang berada di Kabupaten Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir yang berada di tepian Sungai Kapuas. Kamis (07/1).

Dalam tinjauannya di dermaga yang terbuat dari susunan kayu sudah memasuki usia berkisar belasan tahun itu Oso sempat menanyakan salah satu pedagang yang sedang menjajakan hasil pertenakannya, yakni hewan babi.

Mendapat pertanyaannya itu, Aden (44) menerangkan jika dalam satu ekor babi yang dibawanya mempunyai berat 70 hingga 75 kilogram. Dan ia menjawab Kalau para pedagang disini menjual perkilonya sebesar Rp 35.000 menerangkan tepat di depan Oso.

Percapakan yang singkat di bawah teriknya matahari di Sekadau, Oso yang juga anggota DPD RI itu kembali melanjutkan tinjauannya dari para pedagang pasar hingga ke masjid  Al Falah.

Dengan ditemani, Penjabat (Pj) Bupati Sekadau MH Munsin, Oso menyampaikannya kritiknya terhadap kondisi pasar dan masjid yang terkesan tidak diperhatikan pemerintah daerah (Pemda) setempat.

“Dermaga ini merupakan ekonomi masyarakat, disinilah masyarakat mendapatkan penghasilan dengan mengantarkan orang melalui dermaga ini. kalau dermaga ini kurang baik maka berjalan kurang maksimal,”ujar Oso kepada sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Sekadau dan masyarakat yang berada di dermaga itu.

Menurutnya, pihak pemerintah Daerah (Pemda) harus memberikan perhatian khusus, sempat ia mengetahui jika dermaga ini telah ada bantuan dari pemprov sebanyak 3 Miliyar, menurut Oso nominal itu terlalu kecil untuk membangun sebuah dermaga.

Pemdanya harus berikan perhatian khusus dong. 3 miliyar itu tidak cukup kita bangun sesuai dengan kebutuhan yang ada, kalau terjadi kekurangan tinggal minta ke gubernur saja, bilang pesan dari saya,”ucapnya dihadapan Penjabat (Pj) Bupati Sekadau MH Munsin.

Oso juga melihat dibeberapa bangunan yang berada di bantaran sungai Sekadau, seharusnya tidak berdiri disini karena keindahan pasar khususnya di Kota Kabupaten harus bagus dan baik. “Ini warung yang ada dan membelakangi disepanjang pinggiran sungai seharusnya ditiadakan,”katanya.

Untuk diketahui, kedatangan Oso sendiri dalam rangkaian melakukan kunjungan kerjanya sekaligus menyerap aspirasi masyarakat daerah pemilihannya sebagai anggota DPD RI.

sementara itu, PJ BUpati Sekadau MH. Munsin mengatakan pada saat berada bersama Oso di darmaga pasar Sekadau, terkait dermaga memang sudah ada bantuan untuk merenovasinya sebanyak miliyaran rupiah. “Bantuan dari Pemerintah sebanyak 3 miliyar untuk tahun ini,”katanya.

Ia melanjutkan, bantuan itu tentu harusnya bisa lebih bermanfaat bagi aktivitas dermaga  itu, sehingga masyarakat bisa lakukan perputaran ekonomi dengan sebaiknya di dermaga. “Dermaga ini akan dibesarkan, dan pelampung untuk melebarkan dermaga ini sudah ada di Sekadau dan itu tinggal di tarik ke sini agar bisa berfungsi dengan baik,”tukasnya.

Dermaga atau sther” Kunjungan Oso ke dermaga Sekadau dengan kondisi yang sangat memperihatinkan itu, ketua DPRD Sekadau tidak sama sekali tidak mengetahui bahwa dermaga itu rusak dan berukuran kecil.

“Saya tidak tahu informasi kalau kondisi dermaga itu sudah rusak, kurang lebih selama 3 tahun saya tidak melihat dermaga ini,”ujarnya ketika di dalam penyampaian dialog dan reses OSO di gedung kateketik sekadau.

Menurutnya, jika demikian tentu harus ada perhatian khusus untuk memperbaiki dermaga itu. “Kan ada anggaran dana 3 miliyar untuk dermaga ini tentu saya kira bisa lebih bagus dan bermanfaat lagi demi kelancara dermaga pasar sekadau,”tukasnya. / mus


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *