Operasi Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Di Mempawah

( Foto : dok Paur Humas Pol Mpw )

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Mempawah ) – Operasi terhadap PETI ( Pertambangan Emas Tanpa Izin) kembali digelar. Kali ini dilakukan pada hari Sabtu 1 April 2017 sekitar pukul 08.00 Wib bertempat di Mako Polres Mempawah telah dilaksanakan apel pengecekan dan pemberian APP terhadap personel yang dilibatkan dalam Operasi Kepolisian Khusus Penegakan hukum terhadap kegiatan PETI (Pertambangan Tanpa Izin) Kabag Ops Polres Mempawah Kompol Joko Sulistiono.

Apel itu diikuti oleh Kasat Sabhara Polres Mempawah, AKP Arifin. Kasat Reskrim Polres Mempawah, Iptu Idris. Kasat Intelkam, Iptu Sumarno, Kasat Polair, Kasat Narkoba, Danramil Toho,Dinas LH Kab Mempawah 2 personil,Personil Koramil10. Personil Humas bag Ops 2 personil, Personil Polsek Toho 10 Personil, Personil Sat Pol PP Kab Mempawah 7 personil. Jumlah yang terlibat dalam giat sebanyak 77 personil.

Dan selanjutnya Tim berangkat langsung menuju ke lokasi PETI di kecamatan Toho. Lokasi Giat Razia PETI yaitu Perkebunan PT PALM. Dusun Bonsoran Desa Toho Hilir Kec Toho.
Pukul 09.45 Wib personel yang dilibatkan dalam Operasi Kepolisian Khusus Penegakan hukum terhadap kegiatan PETI (Pertambangan Emas Tanpa Izin) tiba di lokasi perkebunan Palm Desa, Desa Toho Hilir ditemukan aktifitas pertambangan berupa peralatan pertambangan, namun para pelaku tidak berada ditempat atau sudah melarikan diri.

Adapun Barang Bukti (BB) yang diamankan antara lain 1 (satu) unit mesin,1 (satu) Unit Pom, 2 ( Pendulang ), 1 ( satu ) Ken berisi solar, 1 ( satu ) drum kosong, selang dan 2 ( dua ) karpet.

Di Dusun Air Mati, Desa Toho Hilir, Kec Toho.Sekitar pikul 11.00 wib rombongan Polres Mempawah di bantu personil TNI, satpol PP, menuju lokasi PETI di dusun Air Mati Desa Toho Hilir, pada saat di lokasi tidak ditemukan pekerja dan hanya ditemukan alat pertambangan.

Barang bukti yang diamankan adalah 2 (dua) unit mesin Diesel atau dompeng, 1 ( Satu )buah paralon,1 ( satu ) drum, 2 ( dua ) selang, 1 (satu) buah selang air.

Pada saat dilakukan penindakan bahwa pemilik atau pekerja PETI sudah tidak berada di lokasi lagi (melarikan diri). Menurut keterangan warga masyarakat Dusun Air Mati Desa Toho Hilir yang bekerja di lokasi tsb adalah masyarakat sekitar.

Pada pukul 15.00 Wib personel yang terlibat Operasi Kepolisian Khusus Penegakan hukum terhadap kegiatan PETI (Pertambangan Tanpa Izin) dengan sasaran Emas melaksanakan apel Konsolidasi dipimpin oleh Kabag Ops Polres Mempawah melaksanakan apel konsolidasi di Koramil Toho.

M.Kegiatan berakhir pada pukul 15.30, selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif.

Dilaksanakannya kegiatan Operasi Kepolisian Khusus Penegakan hukum terhadap kegiatan PETI (Pertambangan Tanpa Izin) dengan sasaran Emas yang ada di Wilayah Hukum Polres Mempawah merupakan atensi Pimpinan karena pertambangan tersebut dapat merusak lingkungan hidup dan hanya menguntungkan oknum tertentu serta dapat menyebabkan penyakit karena limbah air bekas penambang sangat keruh dan kotor.

Pemilik mesin / alat penambang belum diketahui identitasnya karena pada saat ke lokasi tidak ditemukan pemilik / pekerja tambang dan akan dilakukan lidik

Telah dilakukannya penindakan PETI di lokasi perkebunan sawit PT PALM Desa Toho Hilir dan Dusun Air Mati Desa Toho Holir tidak menutup kemungkinan akan adanya aksi penolakan oleh masyarakat Desa Toho Hilir kepada Polres Mempawah.

Tidak menutup kemungkinan setelah dilakukan penindakan PETI di wilayah Desa Toho Hilir Kec Toho akan berlanjut aktivitas PETI menggunakan mesin / Dompeng oleh masyarakat.

Tindakan yang telah diambil oleh Polres Mempawah sebagai berikut Melakukan penindakan terhadap alat pertambangan/menenggelamkan alat – alat pertambangan agar tidak dapat dipergunakan lagi. Melakukan Pulbaket, Lidik, Monitoring dan Penggalangan. Melakukan Dokumentasi. Membawa BB ke Polres Mempawah.

Polres Mempawah juga Melakukan himbauan agar masyarakat beralih kepada usaha lain selain daripada pertambangan. Melakukan penegakan hukum secara kontinyu dan tepat sasaran.
Melakukan peningkatan penggalangan terhadap perangkat Desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sebagai bahan masukan pimpinan guna menentukan langkah kebijakan selanjutnya. Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Mempawah dalam upaya pencegahan penambangan ilegal, karena dalam giat melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, dan Pemerintan tingkat Kecamatan Toho./( abePKP/ri)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *