Nyaris Amblas, Warga Khawatirkan Jembatan Kapit

SEKADAU,(PKP)-Warga yang tinggal di kawasan Kampung Sewak, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sejadau, mengkhawatirkan kondisi jembatan Kapit yang menjadi satu-satunya akses dari Sewak menuju arah Masjid Jami At-Taqwa.

kondisi jambatanPasalnya, sebagian badan jembatan telah anjlok dan membentuk lengkungan pada bagian ujung sebelah kanan jembatan. Bukan tanpa alasan khawatirkan tersebut dengan kondisi jembatan akan kian memburuk seiring waktu.

Menurut Riki, salah seorang warga Sewak, amblasnya jembatan Kapit mulai terjadi sejak satu tahun belakangan. Penyebabnya adalah patahnya beberapa tiang penyangga jembatan yang terbuat dari kayu keras.

Selain itu tidak diketahui secara persis apa yang mengakibatkan tiang penyangga tersebut patah. “ Jembatan ini usianya kurang dari 10 tahun, mungkin sekitar lima tahunan begitu lah, saya juga tidak ingat persis, ujar Riki.

Dengan kondisi seperti sekarang ini kita juga khawatir suatu saat akan ambruk dan makan korban. Semakin hari kerusakannya semakin parah,” beber Riki sambil menunjukkan penyangga jembatan yang patah, Selasa (30/12/2014) kemarin.

Jembatan tersebut sendiri merupakan sarana yang sangat vital bagi masyarakat setempat karena jalur tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat Sewak.

Terlebih, jalur tersebut merupakan akses menuju Masjid Jami At-Taqwa Desa Mungguk. Setiap harinya, jembatan itu dilewati ratusan pejalan kaki, kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dengan tingginya mobilisasi penduduk di jalur itu, Riki khawatir jembatan tidak mampu bertahan dalam waktu lama.

“ Kalau bisa tolong diperbaiki karena ini sarana yang vital untuk masyarakat disini. Kalau dibiarkan berlama-lama takutnya nanti benar-benar ambruk,” tukas Riki.(Ya)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *