Nuansa Kebersamaan Satgas Pamtas 301 Bersama Paskibra di Perbatasan

Kapuas Hulu, Selasa (13/8/19) – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan sektor Timur Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang menggelar acara nonton bareng (Nobar) “Merah Putih” dengan siswa-siswi yang terpilih sebagai Pasikan Pengibar Bendera (Paskibra), bertempat di halaman Pos Kotis Nanga Badau, Desa Janting, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, pada (12/8) kemarin malam.

Adapun Film yang ditayangkan di acara Nobar “Merah Putih” tersebut, yaitu film tentang profil Yonif Raider 301/PKS dan kegiatan Paskibra mulai dari proses seleksi sampai dengan latihan selama 4 minggu yang meliputi dari gerakan dasar Paskibra, penghormatan, langkah tegap hingga pembentukan formasi pada saat pengibaran bendera Merah Putih.

Dansatgas Pamtas Yonif R 301/PKS, Letkol Inf Andi Hasbullah mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif saya ‘Dansatgas Pamtas’, untuk menciptakan nuansa bersamaan melalui menggelar nonton bareng “Merah Putih di Pos Kotis Nanga Badau. Disamping Nobar, kegiatan ini juga diisi dengan acara silatuhrahmi, makan bersama dan membagikan baju kaos yang akan digunakan pada saat latihan, juga sebagai kenang-kenangan dari Satgas Pamtas R 301/PKS.

Masih Dansatgas, peringatan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 ini, merupakan momen yang sangat dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia termasuk warga perbatasan. Peringatan Kemerdekaan ini akan mengingatkan kembali tentang perjuangan para pahlawan dan pendahulu Bangsa Indonesia dalam merebut Kemerdekaan. Hal tersebut juga, sangat identik dengan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terdiri dari siswa-siswi pilihan, yang nantinya akan bertugas untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada saat Upacara Dirgahayu RI.

Lanjutnya, demikian halnya dengan peringatan Kemerdekaan RI ke-74 di wilayah Kecamatan Badau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga (Malaysia),” ujar Dansatgas.

Sementara, Lettu Chk Suprinadi sebagai koordinator pelatih Paskibra menyampaikan, ucapan terima kasih kepada warga masyarakat Badau yang sudah memberi kepercayaan kepada kami untuk melatih Paskibra tersebut, semoga nantinya dapat berjalan dengan lancar, khidmat dan tanpa suatu kendala apapun,” tuturnya.

Hal senada dikatakan juga oleh Siswa Andre, Danton Paskibra dengan diiringi senyum bahagia dan rasa bangga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Pamtas Yonif R 301/PKS yang dengan ikhlas mengajak nonton bareng hingga makan bersama, juga mendapatkan dukungan berupa baju Kaos Paskibra.

“Semoga kegiatan ini menjadi moment-moment yang sangat luar biasa bagi kami, dan berharap kedepan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut,” ucapnya. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *