Musrembang Tingkatkan Pembangunan Desa dan Kecamatan

KUBU RAYA-Sekitar 70 peserta hadir  dalam Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) yang dilaksanakan di aula Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu, ( 25/2/2015).

Musrenbang Kec. Sui Raya KKR.(dyan)
Musrenbang Kec. Sui Raya KKR.(dyan)

Dalam pidatonya Sekretaris Camat Sungai Raya M. Yassier, SE mengatakan,” tujuan Musrembang adalah mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat dalam merumuskan dan pengambilan keputusan bersama-sama Pemerintah,” ujarnya. Kamis (26/02/2015).

Selain itu Yassier juga menambahkan, dalam membahas dan menetapkan kegiatan pembangunan desa maka dari itu diperlukan klasifikasi atas proiritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi SKPD dan melakukan review terhadap usulan rencana kerja kecamatan.

“ Kegiatan pra musrembang dan musrembang RKPD tahun 2016 tingkat kecamatan yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2015 murni didanai oleh APBD Kabupaten Kubu Raya, khusus pada DPA kecamatan Sungai Raya tahun anggaran 2015,” bebernya.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional Camat Sungai Raya Tugiono, SE mengatakan,” sesuai dengan surat edaran Bupati Kubu Raya tentang hal penyelenggara musrembang kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan ditingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan kegiatan prioritas dari desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan yang bersangkutan sebagai dasar penyusunan rencana kerja kecamatan,” ucapnya.

“ Pelaksanaan musrembang ditingkat desa pada tanggal 17 Januari-7 Pebuari 2015 lalu telah menghasilkan Dokumen Rencanan Kerja  Pembangunan Tahunan tingkat Desa  yang memprioritaskan lima poin kegiatan Fisik atau sarana prasarana,” jelas Tugiono.

Adapun yang menghadiri musrembang di Kecamatan Sungai Raya beberapa anggota DPRD, SKPD terkait, Kapolsek Sungai Raya, Danramil, para Kepala Desa dan Kecamatan serta tokoh masyarakat. (dyan)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *