Musrembang Kabupaten Landak, Cornelis Minta Harus Skala Prioritas

Gubernur Cornelis dalam acara Musrembang Kabupaten Landak 2018, di aula kantor Bupati Landak./ dan

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM Gubernur Kalimantan Barat, Drs Cornelis, MH,  meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 harus bisa berpikir untuk membangun manusia.

Ia menegaskan, masalah pendidikan, kesehatan, ideologi dan fisik jangan ditinggalkan dalam penyusunan rencana kerja tersebut.

“Kita jangan hanya memikirkan pembangunan fisik doang saja, kita juga harus memikirkan bagaimana membangun manusianya. Oleh karena itu Pemerintah harus melakukan itu supaya rakyat Indonesia menjadi sehat, cerdas dan pintar,” ujar Cornelis saat membuka kegiatan Musrenbang Pemerintah Kabupaten Landak tahun 2018 di aula utama Kantor Bupati Kabupaten Landak, Selasa (21/3).

Selain itu, dalam penyusunan rencana kerja tersebut jangan bikin banyak program. Harus perhatikan skala prioritas yang harus didahulukan.

“Jangan sampai kita tidak tahu kalau masyarakat kita itu cacingan. Harus bisa tahu apakah masyarakat kita itu masih cacingan apa tidak dan sebagainya. Persoalan ini memang nampaknya sepele,” katanya.

Cornelis juga meminta kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Landak terpilih jika menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus berdampingan dengan visi misi paslon tersebut.

“Jangan nanti tidak sesuai RPJMD ini nantinya harus disesuaikan lagi dengan RPJMD Provinsi, RPJMN dan disesuaikan dengan program Nawacita kabinet kerja,” pintanya.

Mantan Bupati Landak ini mengakui, kalau ia sudah diluar kepala soal pembangunan yang harus diprioritaskan.

“Prioritas masalah pendidikan, kesehatan, pertanian tanaman pangan holtikultura dan infrastruktur. Empat ini saja selesai. Itu sudah membawa suatu kemajuan yang luar biasa,” aku orang nomor satu di Kalbar ini.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Landak, Ependi mengaku kalau instansi yang ia pimpin belum ada program khusus. “Sebab jika kita lihat dari segi biaya saja, kita tidak terlalu didukung. Jadi, program kita biasa-biasa saja,” akunya.

Sedangkan untuk program kerja tahun 2018 akan disesuaikan dengan program tahun sebelumnya.

“Apalagi kita belum menerima visi misi dari paslon Bupati dan Wabup Landak terpilih. Kitapun belum membuat Renstra. Program kerja inipun akan disesuaikan dengan program tahun sebelumnya dan mengacu kepada visi misi tersebut,” katanya.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang itu, bersama Gubernur Kalbar (Cornelis),  Pj Bupati Landak( Jakius Sinyor), Pj Sekda Landak (Alpius),  Ketua DPRD Landak, (Heri Saman), beserta sejumlah anggota DPRD Landak, sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Landak, jajaran Forkompimda Landak, Camat,  dan para peserta lainnya.

Musrenbang Landak yang digelar inipun dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Landak tahun 2018. Sedangkan tema yang diambil dalam kegiatan Musrenbang itu yakni, pemantapan infrastruktur, kualitas SDM, ketahanan pangan menuju pembangunan berkelanjutan.

Pada kesempatan tadi,  Cornelis menyerahkan alat pertanian kepada kelompok tani secara simbolis kepada dua orang. (dan)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *