Musdes RKPDes Ampera Raya Tahun Anggaran 2021 Sukses

KUBU RAYA, POSTKOTAPONTIANAK.COM-Meski dalam suasana Pandemi Covid-19 Pemerintahan Desa Ampera Raya sukses menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun 2021 berlangsung di kantor Desa, Senin (31/8). RKPDes tersebut dihadiri Kades Junaidi Raja, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Sekdes, Kasipem Kecamatan Sungai Ambawang Kastini, Ketua TP PKK RT/RW serta tokoh masyarakat setempat.

BACA JUGADandim 1201/Mph Beri Pembekalan Pada Anggota Baru, Ingatkan Jam Komando

 Demi Dapatkan Bantuan Pemerintah, Warga Rebutan Antrian No Abaikan Protap Kesehatan

 Kegiatan Patroli Polsek Pontianak Timur Dimanfaatkan Protokol Kesehatan

 Dandim Sintang Tinjau Pembangunan Posyandu dan PAUD Program Percepatan Desa Mandiri

 Nuroji Sebut Strategi Politik, Nyatanya Prabowo Restui Pradi-Afifah Pimpin Kota Depok

Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kasmuri, S.Pd, dalam sambutannya sekaligus membuka Musdes RKP tersebut, berharap Musdes ini sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya. “Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa, semoga bisa terealisasi pada tahun 2021,” kata Kasmuri.

Selanjutnya, Kades Ampera Raya Junaidi Raja, mengatakan Musdes penyampaian RKPDes untuk tahun 2021 ini menampung aspirasi masyarakat disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kades dan perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahun 2021. Meski tidak ada kewajiban bagi Desa yang belum mendapatkan Dana Desa (DD) dalam pelaksanaan pembangunan fisik, namun sejak ADD digulirkan Pemerintah Desa Ampera Raya lewat kebijkan Kades selalu berupaya membahagiakan masyarakat dengan gelontoran pembangunan bersifat swakelola, meskipun nilainya sedikit.

“Dalam Musdes RKPDes kali ini saya harapkan segenap elemen masyarakat dan perangkat Desa dapat menyatukan visi dalam mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Ampera Raya. Hal ini sangat penting artinya bagi selarasnya program dan gerak langkah pembangunan di Desa ini demi kemajuan bersama,” harap Junaidi.

Ditempat yang sama Kasi Pemerintahan yang mewakili Camat Sungai Ambawang Kastini, mengatakan Musdes ini bertujuan untuk mewujudkan tercapainya pembangunan pada tahun 2021 nanti seperti diusulkan oleh masyarakat yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa. “RKPDes ini menampung aspirasi masyarakat, sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan Desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi Desa,” terang Kastini.

BACA JUGA : DIJUAL RUMAH : LOKASI SUNGAI RAYA DALAM KOTA MADYA PONTIANAK

ZULKARNAIN,SP : DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE -75 TAHUN 2020

Dalam pertemuan tersebut, dibacakan usulan Musdus untuk kegiatan fisik dan non fisik yang akan terserap dalam RKPDes 2021 yang juga merupakan proyeksi RPJMDes 2020-2025. Usulan yang dibacakan secara gamblang oleh Sekdes Ampera Raya Kliwon Hariyanto, memaparkan pokok-pokok pikiran serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa tahun 2021.

Untuk diketahui, adapun usulan pembangunan tahun 2021, Kadus serta RT setempat mengusulkan pembangunan jalan Rabat beton, drainase, sensit, sumur bor, pos kamling, jalan penghubung dusun, serta bangunan dibidang pemberdayaan dan Pembinaan yang dianggap prioritas.

Baca juga : Bedah Rumah Bantuan Kasad Diapresiasi Wakil Bupati Kubu Raya

Acara Musdes RKPDes Ampera Raya tahun anggaran 2021, ditutup dengan pembagian piala dan hadiah juara Lomba Kebersihan dan Semarak HUT RI Ke-75 antar Gang dan komplek se Desa tersebut. (Kli)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *