Muhaidi Legeslator Partai Nasdem Mempawah Desak Perbaikan Oleh Dinas PU Provinsi Perbaiki Jembatan Sengkubang

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH KALBAR –  Legeslator Partai Nasdem kesal karena hingga saat ini jembatan di Desa Sengkubang, Kecamatan Mempawah Hilir lantai papan besinya ambruk, Kamis (23/07/2020) sekitar pukul 18.30 WIB. Kerusakan itu menghambat kelancaran arus lalu lintas di jalur Mempawah Singkawang. Anggota DPRD Mempawah, Muhaidi Ja’far mendesak kepada Dinas PU Provinsi Kalimantam Barat agar segera melakukan perbaikan, sebelum terjadi korban.

“Kita harus desak segera mungkin dilakukan perbaikan, karena ini merupakan ruas jalan provinsi yang menghubungkan kota mempawah dan kota singkawang, atas kerusakan badan jembatan di Desa Sengkubang ini merupakan tanggungjawab dari Dinas PU Provinsi, kalo bukan mereka siapa lagi. Jangan dibiarkan berlarut-larut, karena menghambat arus lalu lintas,” kata Muhaidi Ja’far, Jumat (24/07/2020) pagi.

“Tadi malam saya turun langsung melihat kondisi jalan tersebut, sungguh sangat memprihatikan atas kerusakan badan jembatan tersebut, yang sudah berlangsung lama,” ucapnya.

Legislator Partai Nasdem yang turun langsung ke lokasi jembatan itu menyebutkan, pernah saat itu ditegur oleh Waka Kapolres Mempawah atas kerusakkan badan jalan jembatan, langsung ada perbaikan dengan diganti plat besi, dengan harapan kedepan akan segera diperbaiki kembali, tapi tunggu punya tunggu ini tidak dilaksanakan juga perbaikan sehingga sampai sekarang menjadi lebih parah rusaknya, dan bisa berakibat korban kecelakaan lalulintas bagi pengguna jalan. Sebab, kondisi plat baja akan licin saat disiram air hujan.

“Badan jembatan hanya dipasang material plat baja. Lama-kelamaan, kepingan plat ini bergeser hingga akhirnya jebol,” tuturnya.

Selain daya tahannya kurang maksimal, menurut Legislator Dapil Mempawah Hilir-Mempawah Timur itu, plat baja juga mengancam keselamatan pengendara. Cukup sering pengendara sepeda motor tergelincir dan jatuh saat melewati badan jembatan di Desa Sengkubang ini. Karena kondisinya semakin licin ketika turun hujan.

“Mewakili warga Desa Sengkubang, mendesak Dinas PU Provinsi untuk segera turun ke lapangan dan melakukan perbaikan terhadap kerusakan badan jembatan di Desa Sengkubang. Mengingat, volume kendaraan yang melewati lokasi itu cukup padat sepanjang hari, selain itu juga jika ini tidak diperbaiki, maka kami yang mendatangi ke Dinas PU Provinsi,” ucapnya.

“Saat ini, jembatan hanya bisa dilewati satu jalur kendaraan. Dan jika tidak segera diperbaiki, bukan tidak mungkin kepingan plat lainnya juga akan jebol. Hingga menyebabkan badan jembatan tidak bisa dilewati secara total. Hal ini harus di antisipasi,” tegasnya.(Guns).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *