Mkios Berhadiah “Diduga” Sindikat Penipuan

” www.mkiosO16.blogspot.com”

Reporter : Devi Lahendra

PONTIANAK  ! POSTKOTAPontianak.com — Berawal dari pesan singkat (SMS) yang diterima Hendri (28) warga

Bukti - Bukti Blog, Nomor Rekening dan Bukti Awal SMS. / foto : Devi Lahendra
Bukti – Bukti Blog, Nomor Rekening dan Bukti Awal SMS. / foto : Devi Lahendra

Jalan Panglima Aim, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, melalui handphone miliknya pada tanggal 17 Januari 2016 yang mengatakan bahwa SIM Card yang digunakannya telah memenangkan hadiah pesta isi ulang M-Kios 2016 sebagai pemenang ke 2.

Tak pelak dalam isi sms tersebut juga terlampir nomor pin pemenang serta website yang dapat diakses. Sedikit memberi angin segar kepada pemenang, di website tersebut terlampir total nilai uang yang dimenangkan sebesar Rp 100juta dan yang lebih parahnya lagi di website tersebut juga terlampir berbagai surat yang dikeluarkan dari Depsos RI, Surat Pengesahan Polda Metro Jaya serta Sertifikat Keminfo.

Untuk lebih meyakinkan pihak yang dinyatakan menang undian oleh sindikat tersebut, di website juga dilampirkan foto Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa Ahok sebagai penanggung jawab dalam undian itu serta foto marketing office atas nama Drs. H. Rizal Hermawan.

SMS yang dikirim kepada pemenang ke -2./ devi
SMS yang dikirim kepada pemenang ke -2./ devi

“Saya rasa ini jelas penipuan, karena undian pemenang disampaikan lewat SMS bukan lewat surat resmi. SMS itu saya terima pada sore hari sekitar pukul 15.00 wib lewat nomor AS yang saya gunakan sehari-hari, ” terang Hendri pada postkotapontianak.com saat ditemui dikediamannya, Senin (18/1/16).

Dikatakan Hendri, berselang berapa menit setelah dirinya menerima SMS, masuk nomor yang tidak dikenal dengan mengatasnamakan sebagai pihak yang tadi telah mengirim SMS.

“Iya saya juga ditelepon, jelas dalam pembicaraanya ditelepon orang itu yang menyebutkan namanya Rizal meminta saya mengirimkan uang tapi dalam bentuk pulsa sebesar Rp 300 ribu ke nomor yang dia menghubungi saya, dengan alasan uang pulsa tersebut untuk mengaktifkan kode pin pemenang. Tentu saya tidak semudah itu percaya untuk mengirimkan pulsa sebesar yang dipinta, ” katanya.

Hingga pagi hari Senin (18/1/16 – red), lebih jauh Hendri mengatakan dirinya masih dihubungi oleh seseorang yang mengaku nama Rizal. Melalui telepon dirinya meminta untuk mengirimkan uang pulsa denga 3 kali kirim di tempat yang berbeda.

“Saya tau itu penipuan maka tidak saya kirim permintaannya, dengan alasan rumah saya jauh dari pasar. namun orang itu masih tetap meminta saya untuk mengirimkan uang dan kali ini dia tidak lagi meminta lewat pulsa tapi minta dikirim lewat rekening, atasnama Ridho Kusuma Nomor Rekening 020601117902505 BRI Cabang Jakarta. Jadi dalam hal ini saya minta kepada pihak kepolisian untuk menindaklajuti Sindikat penipuan undian M-Kios, dan kepada masyarakat harap hati-hati terhadap penipuan berkedok undian, ” tukas Hendri mengakhiri./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *