Mirip Danau Toba Pulau Samosir Situ Ciawi Pamalayan Akan Dikembangkan Objek Wisata Alam

Situ Ciawi./ IST
Situ Ciawi./ IST

GARUT-Situ (danau) Ciawi yang berlokasi di Desa Pamalayan Kecamatan Cisewu Garut selatan Jawa Barat diyakini jika di kembangkan bakal menjadi pusat objek wisata alam yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan baik asing maupun lokal. Selain berhawa sejuk, lokasi danau berada di puncak bukit Hamerang yang berbatasan langsung dengan desa Karang Sewu masih di kecamatan Cisewu. “ Orang Cisewu bilang Situ Ciawi mirip dengan Danau Toba di Sumatera,” ujar beberapa warga Pamalayan  baru baru ini.

Situ Ciawi memilki luas 1,5 hektare, saat ini sedang di benahi pengembangannya oleh pemerintah desa Pamalayan dari mulai rencana penanaman pohon di sekitar situ termasuk sarana lain seperti papan pemberitahuan,Insprastruktur menuju lokasi dan sarana serta prasarana lainnya.

“ Alhamdulilah belum lama ini situ Ciawi sudah ditinjau langsung oleh duta wisata Propinsi Jawa Barat. Mudah mudahan apa yang diharapkan masyarakat Desa Pamalayan dapat segera terwujud bahwa,’ ujar Kepala Desa Pamalayan H Budi di ruang kerjannya baru baru ini.

Informasi lain kata Kades, potensi wisata situ Ciawi tersebut jika memang dikembangkan setidaknya akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Pamalayan termasuk tentang lahan pekerjaan dari mulai pemandu wisata, para pedagang dan home stay atau penginapan disamping mendongkrak pula Pendapatan Asli Desa (PAD) .“ Kami yakin jika betul betul dikembangkan tentunya roda perekonomian masyarakat bisa meningkat,”ujarnya.

Saat ini tambah Kades, pihaknya sedang merancang Site Plant terkait pengembangan objek wisata situ Ciawi, di antaranya Gerakan rehabilitasi menanam pohon keras produktif sekitar situ, Insprastruktur  dan penujuk arah objek. “Semoga apa yang di rencanakan dapat terwujud dan di respon oleh semua stakeholder, termasuk dari Dinas Pariwisata Provinsi dan pusat,”demikian Budi . (A.Naz)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *