Minim Perhatian Pada Para Pahlawan, Aktifis Akan  Audience Dengan Bupati Rohul

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( ROKAN HULU ) -Aktifis gerakan pemerhati pahalawan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Ramlan Lubis di dampingi Endang Sunaryo Nasution dan lainnya, dalam waktu dekat ini berancana akan melakukan silaturrahmi dan audience dengan Bupati Rohul, H. Suparman.

Aktifis Pemerhati sejarah dan para Pahlawan di Rokan Hulu, Ramlan Lubis, SAg.

Termasuk, Ketua DPRD  Rohul, Kelmi Amri, Dandim 0313/KPR, Kapolres Rohul, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohul, tokoh-tokoh masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya.

“Agenda silaturrahmi itu, kita renacanakan untuk memberikan masukan serta mendiskusikan  langsung dengan H. Suparman, terkait komitmen Pemkab Rohul dalam menghargai jasa-jasa pahlawan,” kata Ramlan Lubis yang Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Rohul.

Lanjutnya, pejabat daerah sebelumnya, baik itu, Ramlan Zas, Achmad,  sudah banyak berbuat untuk daerah, mungkin karena kesibukan mengurus rakyat, sehingga lupa atau tidak terpikirkan betapa pentingnya mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur.

“Kita tidak ingin dicap sebagai anak durhaka, karena para orang tua kita yang telah gugur merebutkan kemerdekaan bangsa Indonesia  ini, dari tangan penjajah, dulu kita sudah pernah komunikasikan pada veteran-veteran di Rohul, mereka menangis, karena sebelumnya,  minimnya perhatian  Pemkab Rohul pada jasa-jasa pahlawan kita,” ungkapnya.

Ramlan Lubis, menjelaskan, salah satu cara menghormati para pahlawan, yakni dengan membangun situs-situsnya,  membuat makam pahlawan, kemudian  menziarahinya, selanjutnya semangat mereka diambil untuk membagun negeri ini dalam mengisi kemerdekaan.

” Kita di Rohul belum ada makam pahlawan, lalu kemana kita akan ziarah, kemudian tugu proklamasi, di Pasir Pangaraian, seperti tidak terurus, jadi perlu bersama-sama, saling bahu-membahu untuk mewujudkannya,” harap Ramlan Lubis lagi.

Dirinnya, yakin di bawah kepemimpinan Bupati Rohul,  H. Suparman, penghormatan kepada para pahlawan akan disegarkan kembali, sebab beliau dikenal sebagai sosok pemimpin yang aspiratif terhadap masukan dari masyarakat,” katanya.

Tambahnya,  Rohul punya segudang sejarah dalam peristiwa mempertahankan NKRI, sebut saja Tuanku Tambusai, sehingga menjadi nama sebuah nama daerah, jadi jika peduli dengan sejarah, para generasi muda diharapkan bisa mencontoh semangat patriotik para pahlawan tersebut.

“Kita dalam waktu dekat ini akan lakukan pertemuan, baik dengan Bupati Rohul, Ketua DPRD Rohul serta pemangku kepentingan lainnya, minimal tahun 2018 mendatang Rohul sudah punya makam pahlawan,” pungkas Ramlan Lubis mengakhiri. (dar/risto harahap)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *