Mesin Pencabut Rumput Tanpa Merusak Tanaman Padi

PONTIANAK-Tiga orang mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) Jurusan Tekhnik Mesin, melakukan uji coba Mesin Pencabut Rumput ciptaan mereka di Area Pertanian samping Makodam XII Tanjungpura Jalan Alianyang, Selasa (04/08/2015).

Mahasiswa Polnep Ciptakan Mesin Rumput./dhani
Mahasiswa Polnep Ciptakan Mesin Rumput./dhani

Disaksikan para Petani Sungai Raya, uji coba berlangsung lancar, mesin tersebut berhasil mencabut rumput di sekitar tanaman padi tanpa merusak tanaman.

Dody Supanji, Pandi dan Yanto, menciptakan alat tersebut sebagai persyaratan sidang akhir mereka. Para mahasiswa membentuk kelompok untuk menciptakan sebuah karya.

Mereka merancang dan menciptakan alat tersebut selama 1 bulan, ide didapat kala Dody melihat petani mencabut rumput di sekitar tumbuhnya padi secara manual.

Mahasiswa asal Sambas itu lalu menyampaikan ide tersebut ke rekan satu timnya, mereka pun sepakat membuat alat untuk mempercepat kerja petani namun tidak merusak padi yang tumbuh.

Setelah sukses diuji coba, Dody dan timnya akan mengembangkan pembuatan mesin yang sangat bermanfaat bagi petani padi maupun sawit itu.

Dody dan rekan mahasiswa Polnep lainnya sangat berharap dalam setiap merancang serta menciptakan sebuah karya, ada yang mendanai.

“Harusnya Pemprov bekerjasama dengan Polnep dalam pengadaan alat pertanian, sehingga tidak bergantung dengan produk dari luar. Kami bukan hanya membuat alat pencabut rumput, tapi juga telah menciptakan alat perontok padi dan perontok jagung yang bisa menghasilkan 1 ton dalam waktu 2 jam,” papar mahasiswa yang punya kepedulian terhadap petani itu. /dhani


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *