*MERIAHKAN HUT RI KE-74, PEMKAB SINTANG GELAR GERAK JALAN 17 KM*

SINTANG. www.postkotapontianak.com. Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan lomba gerak jalan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar lomba gerak jalan 17 Kilometer, yang dilepas secara langsung oleh Kepala Staf Korem 121/ABW, Kolonel Inf. Achmad Solihin, bertempat di Depan Pendopo Bupati Sintang, pada hari Kamis malam, (15/8/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sintang, Jarot Winarno, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim, Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Abdul Syufriadi, dan jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Korem 121/ABW, Kolonel Inf. Achmad Solihin mengatakan bahwa gerak jalan ini memiliki tiga makna yang sangat penting, “pertama maknanya adalah untuk meneruskan jiwa-jiwa pahlawan kita yang pernah berjuang tanpa pamrih demi merebut kemerdekaan Indonesia, kedua maknanya adalah memperkokoh persatuan dan kesatuan, dan yang ketiga maknanya adalah dapat menanamkan rasa nasionalisme ditubuh masing-masing”, katanya.

Menurut Kasrem 121/ABW, bahwa gerak jalan ini bukan ajang saling memenangkan diri sendiri, tetapi untuk menunjukkan jiwa tak kenal menyerah, “tentunya semua tim ingin menang, ingin menunjukkan yang terbaik, tetapi itu bukan semata mata untuk kita tunjukkan semuanya, yang paling penting adalah kita tunjukkan rasa dan jiwa yang pantang menyerah”, ucapnya.

Kasrem berpesan kepada seluruh peserta lomba gerak jalan 17 Kilometer untuk tertib dalam melaksanakan kegiatan gerak jalan, “saya berpesan kepada semuanya agar dapat kompak berbaris, bernyanyi dengan semangat, berperilaku baik selama kegiatan, dan tertib, yang palign penting adalah jaga tali persaudaraan kita semua”, pesannya.

Sementara itu, secara terpisah saat ditemui usai menghadiri kegiatan pelepasan gerak jalan 17 Kilometer, Bupati Sintang, Jarot Winarno merasa bahagia dengan terselenggaranya kegiatan ini, “saya pikir kita semua cukup gembira, karena pesertanya cukup banyak untuk mengikuti gerak jalan 17 kilometer ini, dan ini juga merupakan puncak dari seluruh rangkaian gerak jalan yang kita laksanakan”, tuturnya.

Jarot mengapresiasi kepada peserta yang telah turut berpartisipasi memeriahkan kegiatan gerak jalan 17 kilometer, “saya apresiasi buat peserta yang telah mengikuti kegiatan ini, biasanya sih langganan yang menang itu dari TNI atau POLRI, tapi saya lihat sih yang bukan dari kalangan TNI/POLRI sudah berusaha mencoba untuk memberikan penampilan terbaiknya, seperti Persatuan Satu Hati Terate, dan beberapa OPD serta beberapa SMA/SMK, tapi kita lihat nanti pengumuman siapa pemenangnya”, tambahnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika menjelaskan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan gerak jalan 17 kilometer, “untuk gerak jalan 17 kilometer ini diikuti sebanyak 13 tim dari pelajar SMA/SMK, kemudian 28 dari Instansi-Instansi Pemerintah, Vertikal, TNI dan POLRI”, kata Hendrika.

Hendrika menjelaskan rute yang akan ditempuh oleh para peserta gerak jalan 17 kilometer, “mulai dari depan pendopo simpang RSUD AM.Djoen lurus sampai ke Simpang Lima belok kanan menuju Tugu Jam kemudian belok kanan menuju ke arah pasar sungai durian kemudian belok kanan menuju dermaga sungai durian belok kanan lagi ke tugu bambu runcing belok kiri menuju tugu jam belok kiri ke arah simpang lima belok kiri ke simpang polres kemudian belok kiri ke arah mungguk jengkol lurus simpang seroja dan finish di lapangan sepakbola depan Kodim 1205”, jelasnya.

Seusai mengikuti gerak jalan 17 kilometer, salah satu peserta dari Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Faisal Rizal mengatakan bahwa kegiatan gerak jalan yang diselenggarakan oleh Pemkab Sintang memberikan sarana hiburan bagi masyarakat, “sepanjang saya mengikuti kegiatan gerak jalan 17 kilometer ini, seluruh masyarakat berbondong-bondong ke pinggir jalan untuk menyaksikan para peserta gerak jalan 17 kilometer ini, saya pikir ini selain memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, gerak jalan ini juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat”, kata Faisal.

Kemudian, peserta lainnya dari Dinas Kesehatan, Samuel Samalo yang tampak kelelahan mengungkapkan rasa kegembiraannya mengikuti kegiatan ini, “ya saya pertama kali ikut kegiatan ini dari Dinkes, tapi dibalik rasa lelahnya saya ini ada rasa gembira, karena semua rekan-rekan dalam satu tim itu kompak, sehingga rasa lelah hilang, kemudian dari sisi kesehatan, ya paling tidak mengeluarkan keringat didalam tubuhlah sehingga racun-racun itu keluar baik untuk kesehatan”, ucap Samuel.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *