Menyongsong Hari Jadi Kota Sanggau ke 401

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Nsangi Duduk” Adat Dayak Pangkodatn.

( SANGGAU ) – Dalam rangka mendukseskan acara hari jadi kota Sanggau yang ke 401, berbagai persiapan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Sanggau melalui panitia khusus yang sudah terbentuk, diantaranya upacara bersih – bersih tanah air agar kegiatan yang di gelar pada tanggal 2-9 april 2017 terlaksana dengan baik , sukses selamat.

Upacara bersih tanah air ini di lakukan secara adat dayak Pangkodatn yang di kenal dengan sebutan “adat nsangi duduk”.

Inti dari adat ini untuk memberi tahu atau permisi kepada semua mahluk hidup baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat agar pelaksanaan kegiatan nanti berjalan lancar, aman dan sukses. Memohon kepada Tuhan (kek ponompa) agar merestui acara ini dan memberikan berkat kepada masyarakat Sanggau.

Upacara adat nsangi duduk ini di hadiri langsung oleh sekretaris daerah Sanggau, Leysandri. BKD Sanggau, G. Teno. Tapem, Suis dan Lurah Bunut, Yakob.

Juru kunci alias tukang pomang, Bino. Dibantu, Sulen dan Nek Ongking serta Nek Andi. Para tokoh adat, pemuda, agama dan ratusan masyarakat setempat.

“Doa selamat ini penting kita lakukan untuk memohon penyertaan dan perlindungan Tuhan. Sekaligus melestarikan adat budaya nenek moyang yang bertujuan mensyukuri semua berkat dan alam ciptaan Tuhan,”ungkap Leysandri. (Firmus)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *