MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA LAKSANAKAN KONFERENSI PERS TENTANG PENANGKAPAN KAPAL IKAN ASING (KIA) DI LAUT NATUNA

POSTKOTAONTIANAK.COM

PONTIANAK KALBAR – TNI AL Lantamal XII Pontianak – Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E., mewakili Komandan Lantamal XII (Danlantamal XII), Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi, bertempat di Stasiun PSDKP (Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan) Pontianak Jl. Moh. Hatta, Kel. Sungai Rengas, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya, Prov. Kalimantan Barat, hadir mendampingi Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Bpk. Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., dalam rangka Konferensi Pers dan Peninjauan terhadap dua Kapal Ikan Asing (KIA) yang di tangkap unsur Kapal Patroli PSDKP Pontianak. Rabu (22/07/2020)

Kedua KIA tersebut berbendera Vietnam, dan ditangkap pada tanggal 15 Juli 2020 oleh Unsur Kapal pengawas Patroli PSDKP KP. Orca 3 dan KP. Hiu 011, di wilayah perairan Natuna Utara, karena tidak memiliki dokumen yang sah untuk melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia. Sehingga kedua KIA tersebut dibawa ke Stasiun PSDKP Pontianak guna proses hukum lebih lanjut.

Adapun KIA Pertama yang ditangkap dengan identitas yaitu KM. KG 97532 TS, Bendera: Vietnam dengan Jumlah ABK 17 orang, menggunakan alat tangkap : Pair Trawl. Adapun KIA Kedua yang ditangkap dengan identitas yaitu KM. KG 91920 TS, Bendera: Vietnam, Jumlah ABK: 4 orang, menggunakan alat tangkap : Pair Trawl.

Saat ini seluruh ABK kapal tersebut telah diamankan di Rumah Tahanan milik Stasiun PSDKP Pontianak.

Sebelumnya, pada hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020 pukul 10.30 s.d 12.30 WIB telah dilaksanakan Rapid Tes terhadap 21 ABK KIA tersebut oleh Dinas Kesehatan Pelabuhan Pontianak dan ke semua orang ABK tersebut dinyatakan Non Reaktif.

Konferensi Pers tersebut dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A, Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Drs. Antam Novambar, S.H., M.Hum, Gubenur Kalbar Bapak H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, dan unsur Forkopimda Prov. Kalimantan Barat, serta instansi terkait lainnya.
Pukul 09.00 WIB Konferensi Pers Penangkapan 2 KIA (Kapal Ikan Asing) Ilegal Fishing di Stasiun PSDKP Pontianak selesai. Kegiatan berjalan tertib aman dan lancar./**rls.

Demikian Siaran Berita Lantamal XII


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *