Menjelang Pilkada ,Polres Bengkayang Siapkan Team Pengendalian dan Pengurai Massa

POSTKOTAPONTIANAK.COM

BENGKAYANG -Untuk menghadapi Pilkada Bengkayang tahun 2020 semakin dekat, Sat Sabhara Polres Bengkayang rutin melakukan latihan Dalmas (Pengendalian Massa) dan Raimas (Pengurai Massa).

Latihan ini di lakukan pada Rabu (26/02)bertempat di halaman Kantor Bupati Bengkayang yang diikuti sedikitnya 20 personil Raimas Satuan Sabhara Polres Bengkayang.

Kasat Sabhara AKP Ruly Rusli mengatakan, tujuan latihan Raimas ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Sabhara dalam memecah belah kekuatan massa yang melakukan unjuk rasa secara anarkis.

Selain itu Jelas Rully “Sekaligus untuk meningkatkan kemampuan anggota, khususnya anggota Sabhara dalam melaksanakan tugas di lapangan sehingga tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran maupun kesalahan prosedural oleh anggota di lapangan saat melaksanakan pengamanan unjuk rasa”, jelasnya.

Dalam latihan ini diperagakan pola-pola pengurai massa di lokasi bersimpang tiga dan bersaf serta massa dari satu arah dan dua arah.

Hal ini dilakukan, seiring perkembangan gangguan kamtibmas secara nasional yang mengalami peningkatan, maka, Polri perlu membekali diri dengan kemampuan skill secara perorangan maupun kelompok agar senantiasa siap menghadapi ancaman faktual yang kemungkinan terjadi.

“Melihat tugas Sat Sabhara sebagai garda terdepan dalam bidang tugas kepolisian yang harus selalu siap tidaklah mudah, tidak jarang dalam tugas ini terjadi hambatan-hambatan berupa gangguan terhadap kelancaran, ketertiban, keamanan terhadap tugas yang diembannya,” jelasnya.

Untuk porsi latihan, AKP Ruly menargetkan latihan dalam satu bulan sampai empat kali latihan dengan metode atau teknik latihan yang berbeda.

“Menjelang Pilkada, untuk latihan dalam satu bulan sampai empat kali latihan dari Dalmas awal hingga Dalmas lanjutan”, tutup AKP Ruly.(Nadi)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *