Meningkatkan Militansi Personel Manggala Agni di Rindam XII/ Tpr

POSTKOTAPONTIANAK.COM

KALBAR – Bertempat di Lapangan Tembak Rindam XII/Tpr tanggal 14 Oktober 2017, Danrindam XII/Tpr Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) menutup secara resmi Pelatihan Bela Negara dalam rangka kegiatan Penyegaran Anggota Manggala Agni Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017, yang dihadiri oleh Para Kabag, Para Dansatdik, Para Kasi, para pejabat Manggala Agni serta tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut Danrindam XII/Tpr Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) menyampaikan Pelatihan Bela Negara yang telah kalian laksanakan selama kurang lebih dua hari merupakan dasar dari implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan, kedisiplinan serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa yang tentunya diharapkan dapat melanjutkan pembangunan pada masa yang akan datang.

Sebagai seorang Manggala Agni kalian harus memiliki insting yang kuat, kecepatan, kecakapan serta kemampuan beradaptasi dengan Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan, yakni menjadi duta duta bangsa sebagai pelopor dalam mengatasi dan mengantisipasi segala dampak perubahan ikilim yang diakibatkan oleh pemanasan global yang pada dasarnya merupakan ulah umat manusia itu sendiri.

Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan Barat bekerja sama dan berkoordinasi dengan Rindam XII Tanjungpura melaksanakan kegiatan latihan Bela Negara untuk Penyegaran Anggota Manggala Agni Provinsi Kalimantan Barat, karena Seorang Manggala Agni merupakan bagian dari kekuatan generasi muda penerus bangsa dan sekaligus untuk tetap sebagai komponen yang dinamis dalam mengisi peran dan fungsi yang komplementer bagi Bela Negara khususnya menjaga kelangsungan serta kelestarian lingkungan hidup.

Danrindam Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) beserta jajaran mendukung penuh Kegiatan penyegaran Manggala Agni yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 13 s.d 14 Desember 2017 di Rindam XII Tanjungpura, dengan jumlah peserta sebanyak 110 orang gabungan anggota Manggala Agni Daops Singkawang dan Daops Pontianak, ada pun jenis materi yang disampaikan adalah Sirkuit Outbond, Navigasi Darat ( Peta , Kompas dan GPS), K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Survival, serta Caraka Malam. Output kegiatan yang diharapkan adalah meningkatnya kualitas pengetahuan, kesadaran, kepedulian dan keterampilan Anggota Manggala Agni dalam rangka upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Outcome kegiatan yang diharapkan adalah terbentuknya Jiwa Korsa serta meningkatnya rasa persaudaraan dan kebersamaan antar sesama anggota Manggala Agni sehingga pelaksanan tugas Pengendalian Kebakaran hutan lebih epektif dan efisien.

Selain itu adapun penyampaian Sahat Irawan Manik selaku Koordinator Daops Provinsi Kalimantan Barat di sela sela acara yang mengatakan pada prinsipnya kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan Nilai kejuangan, menumbuhkan sikap kerja sama serta Kapasitas Sumber daya Manusia Di bidang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Sedangkan tujuannya adalah untuk, Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Anggota Manggala Agni Di wilayah kerja Daopsnya masing-masing, Menumbuhkan jiwa Korsa dan mempererat persaudaraan ,meningkatkan kekompakan dan kebersamaan sesama anggota Manggala Agni, Meningkatkan kualitas Kinerja Angota Manggala Agni dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Sahat Irawan Manik juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Danrindam XII/Tpr beserta jajaran atas segala bantuan dan dukungan selama kegiatan, sehingga kegiatan pelatihan bela Negara Manggala Agni dapat berjalan sesuai rencana aman dan lancar.

Dengan telah berakhirnya pelatihan ini, untuk itu mari kita bersama-sama membangun negeri ini dengan kemampuan kita masing-masing. Kalau di TNI membangun dengan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Pertahanan keamanan, tentunya sebagai mahasiswa harus mampu memberi suri tauladan kepada masyarakat demi tegaknya NKRI.

Danrindam XII/Tpr. Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) meyampaikan penghargaan yang tulus kepada pihak penyelenggara dan pihak-pihak terkait yang telah bekerja keras dalam merencanakan kegiatan Pelatihan Bela Negara ini dengan baik. Dan kepada peserta latihan, saya mengharapkan apa yang telah diberikan hendaknya dapat dimengerti, dipahami dan ditindaklanjuti serta dapat dijadikan suatu pegangan dalam kehidupan sehari-hari, berikan contoh kepada rekan-rekan Manggala Agni lainnya, berbuat yang terbaik untuk Bangsa dan Negara serta lingkungan masyarakat pada umumnya./*

Bersama rakyat TNI kuat.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *