Mengenal Kolonel Inf Rama Pratama, Danbrigif 19/Khatulistiwa yang Baru

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Kubu Raya, Jum’at (3/7/20) – Kolonel Inf Rama Pratama, M.Si (Han) resmi menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri 19/Khatulistiwa setelah melaksanakan serah terima jabatan dengan Kolonel Inf Win Nindar yang dipimpin oleh Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad di Aula Makodam XII/Tpr pagi tadi.

Sebelum menjabat Danbrigif 19/KH, Kolonel Rama Pratama, M.Si (Han) menjabat sebagai Dandim 0507/Kota Bekasi. Sementara Kolonel Inf Win Nindar akan menempati jabatan baru sebagai Dosen Madya Seskoad.

Perwira menengah kelahiran Jakarta, 12 September 1976 mengawali karir di TNI AD dimulai dari SD dan SMP di Jakarta. Kemudian melanjutkan ke jenjang SMA pada 1991 dan lulus tahun 1994. Selanjutnya masuk di Akmil pada tahun 1995 dan lulus tahun 1998.

Setelah lulus dari Akmil, bertugas di Kodam XVI/Ptm di Ambon, Maluku. Selama kurang lebih 9 tahun bertugas di Kodam XVI/Ptm, Ia diberikan kepercayaan untuk mengabdi di tanah kelahirannya sendiri di Kodam Jaya mulai tahun 2008.

Mengawali karir di Kodam Jaya menjabat sebagai Kasipam Rindam Jaya kemudian Pabanda Pam Sinteldam Jaya dan Pabanda Lid Sinteldam Jaya. Kemudian juga menjabat sebagai Pabandya Min Sintel Kostrad.

Kemudian mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan di Seskoad pada tahun 2012. Selanjutnya Kolonel Inf Rama Pratama, M.Si (Han) menjabat diberi kepercayaan untuk memimpin pasukan, Ia menjabat sebagai Danyonif 321/Gt.

Setahun menjabat Danyonif 321/Gt Ia diberi kepercayaan untuk memimpin satuan teritorial, menjabat sebagai Dandim 0617/Majalengka pada tahun 2016. Tak lama ditarik ke Mabes TNI dirinya menjabat Pabandya -1/Politik PB III/Biddagri Sintel TNI dan Kabid Um Set Itjen TNI. Kemudian menjabat Dandim untuk kedua kalinya yaitu menjadi Dandim 0507/Kota Bekasi.

“Alhamdulilah saya diberi amanah oleh pimpinan angkatan darat untuk memimpin Brigif 19/KH. Sebagai seorang perwira apapun tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kita, kita harus siap dan mampu melaksanakan semua itu dengan baik,” katanya usai acara sertijab.

Ia meyakini dukungan dari keluarga serta keluarga besar Brigif 19/KH akan mampu memimpin dengan baik satuan serta jajarannya. Ia akan membawahi tiga batalyon infanteri. Yaitu Yonif R 641/Beruang di Singkawang, Yonif 645/Gardatama Yudha di Sambas dan Yonif RK 644/Walet Sakti di Kapuas Hulu.

“Saya akan melanjutkan program – program satuan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Serta akan memperbaiki kekurangan yang ada sehingga kedepan Brigif 19/KH serta jajarannya jadi lebih baik,” ujar suami dari Ny. Dhina Sari, A. mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *