Mengali Adat dan Budaya Parindu

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SANGGAU-Pusat Damai KOPIDADU  adalah sebuah komunitas yang ada di Kecamatan Parindu.

Komunitas Pecinta Seni dan Budaya Parindu./ml
Komunitas Pecinta Seni dan Budaya Parindu./ml

Kopidadu adalah singkatan dari Komunitas Pecinta Seni dan Budaya Parindu. Awal mula komunitas ini berdiri adalah dari ketidaksengajaan diskusi oleh 7 orang, diantaranya Rona, Sekundus, Rano, Erwin, Willi, Anto dan Teodor yang terjadi 3 kali.

Pertemuan pertama terjadi sekitar bulan Januari 2015, mendiskusikan banyak hal tentang Pusat Damai. Pada pertemuan kedua Rano mengusulkan untuk membentuk sebuah sanggar, yang dinaungi oleh DAD Kecamatan Parindu.

Namun, Rona menyarankan menggunakan konsep independen yang berarti perkumpulan/komunitas. Pertemuan ketiga barulah muncul istilah Kopidadu.

Namun sampai sekarang belum ada lambang atau kode khusus untuk Kopidadu. “Orang-orang sering salah sangka, mereka berpikir bahwa Kopidadu adalah Komunitas orang Dayak, karena saat ini Kopidadu identik dengan unsur Dayak. Padahal Kopidadu terbuka bagi siapapun yang mencintai Seni dan Budaya dan ingin bergabung bersama Kopidadu.” Ujar Rona.

Dan saat ini pun komunitas suku Jawa, dan Melayu ingin bergabung bersama Kopidadu. Tujuan dengan adanya Kopidadu ingin menggali adat dan budaya yang ada di kecamatan Parindu yang semakin hari semakin memudar, oleh karena itu kita memulai dengan adanya segala asesoris, budaya-budaya yang ada mulai dimunculkan, ungkap Marina Rona. (Mela)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *