Mendikbud Harus Lakukan Ujicoba, Sebelum Menerapkan Kebijakan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Kubu Raya) – Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kubu Raya H. Yuslanik mengatakan kebijakan yang diberlakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dalam menyelenggarakan ujian Nasional tingkat SMPN harus dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelum menerapkan hal tersebut tiap -tiap Daerah.

“Setelah dilakukan uji coba, dan mengambil sampel dari hal tersebut, baru lah menerapkannya kesetiap Daerah. Karena hal ini tidak bisa diterima setiap daerah yang ada diseluruh Indonesia,”ujar dia saat dijumpai diruangannya pada Senin (15/5) pagi.

Dirinya mengungkapkan, perubahan jadwal ujian yang biasanya dilaksanakan pagi hari, kemudian dirubah pada pukul 10.00 WIB sempat membuatnya terkejut, karena hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya.

“Baru ditahun 2017 inilah benar-benar dilaksanakan ujian Nasional tingkat SMPN pada pukul 10.00 WIB tanpa melakukan sosialisasi terlebih dahulu dan mendengarkan masukan – masukan dari bawahannya,” ungkap dia

Dirinya menilai, setiap kebijakan yang dikeluarkan harus dilakukan ujicoba terlebih dahulu sebelum menerapkannya kesetiap daerah.

“Jangan sampai yang selama ini kita anggap sudah baik ini menimbulkan dampak-dampak yang tidak diinginkan. Selama ini waktu pelaksanaan UAN sudah terlaksana dengan baik, tinggal menambahkan terobosan-terobosan agar menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ucap dia

Dirinya berharap, Mendikbud dapat melakukan ujicoba sebelum menerapkan jadwal ujian kesetiap daerah, dan juga meminta masukan terkait hal tersebut.

“Kita berharap hal yanh seperti ini tidak terjadi kembali, saat mendekati pelaksanaan UAN sudah mendekati, namun informasi baru disampaikan. Dan Mendikbud juga harus melakukan ujicoba sampai dengan sosialisasi, sehingga kebijakan yang diterapkan ini bisa sejalan dengan yang ada disetiap daerah,” pungkasnya.

(Viky)

Foto H. Yuslanik, Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya saat dijumpai / Viky / POSTKOTAPONTIANAK.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *