Melkianus, Berharap UNBK Bisa Berjalan Maksimal

SINTANG-Melkianus selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dari Partai Golongan Karya menilai target yang ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai tingkat kelulusan 100 persen hasil UNBK di semua jenjang pendidikan dinilai sulit terealisasi. Sebab, realisasi UNBK di daerah masih banyak terkendala dengan sarana dan prasarana yang belum semuanya memadai,ujarnya (22/3/2019).

Seperti diketahui, (Kemendikbud) menargetkan penyelenggaraan Ujian Nasional pada 2019 sudah 100 persen berbasis komputer (UNBK) di semua jenjang, yakni SMA, SMK, dan SMP sederajat. Realisasi UNBK di Kabupaten Sintang, banyak terkendala kelengkapan komputer, juga jaringan internet yang memadai. Pada saat UNBK berlangsung, ditemukan sejumlah kendala di Kabupaten Sintang. mulai dari persoalan gangguan server lantaran tidak terkoneksi dengan jaringan internet, kendala listrik dan lain sebagainya.

Kendala di Kabupaten Sintang tentu bisa menjadi perhatian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harusnya dapat melihat kondisi di daerah apakah UNBK dapat terlaksana dengan baik. Nyatanya kata dia, banyak sekolah yang belum bisa menyelenggarakan UNBK lantaran tidak tersedia perangkat komputer hingga akhirnya menumpang di sekolah lain yang berada didekatnya.

Persoalan ini, harus menjadi perhatian khusus Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan, agar Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer bisa berjalan dengan baik dan lancar,ia juga meminta agar solusi yang tepat diberikan, agar semua proses bisa berjalan dengan lancar,tegasnya.

Salah seorang orang tua murid SMA Rudi misalnya mengatakan, yang menjadi kendala yakni dengan sistem UNBK yang terbilang baru ini, banyak keluhan siswa yang belum terlalu pandai menggunakan Komputer, misalnya mereka yang harus menumpang di sekolah lain, sementara disekolah asalnya hanya belajar sedikit menggunakan computer tentu mereka akan merasa kesulitan,ujarnya.(Tim)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *