Medical Cek Up Terhadap Pekerja Migran Indonesia TKI Oleh Dinas Kesehatan Lantamal XII di Pelabuhan Dwikora Pontianak Kalbar

POSTKOTAPONTIANAK.COM
TNI AL Lantamal XII Pontianak – Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi yang diwakili oleh Asisten Operasi Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rizaldi,S.E. selaku Dansatgas Angkutan Laut Pemulangan PMI/TKI di Wilayah Kalimantan Barat, mengawasi jalannya proses pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19, terhadap para Pekerja Migran Indonesia, bertempat di Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak Jalan Pakasih No 11, Kelurahan Mariana Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak Kalimantan Barat, Kamis, (04/06/2020)

Pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19, yang dilakukan terhadap seluruh Pekerja Migran Indonesia/ Tenaga Kerja Indonesia yang rencananya akan dipulangkan ke daerah asalnya, pada Jumat (05/06/2020) dari Pelabuhan Pontianak menuju Pelabuhan Tg. Emas Semarang menggunakan KM Rucita – 09, merupakan syarat utama yang harus dipenuhi bagi setiap PMI/TKI. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Pandemi Covid-19, apalagi sebagian besar dari mereka merupakan PMI/TKI yang di deportasi dari Malaysia, sehingga diantara mereka sangat rentan telah tertular/terpapar Covid-19.

Pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19 ini, dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Barat bersinergi dengan Personel/Tenaga Medis dari Mako Lantamal XII, yang dipimpin oleh Kadiskes Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp.Pros. Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut 1 orang A.n. ibu Junaideh, asal Sampang Madura hasil Rapid Test; Reaktif sehingga diputuskan untuk dilakukan isolasi di Poltekes Kab. Kubu Raya terhadap ybs, selanjutnya Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Barat mentracking rekam jejaknya untuk mengetahui pada saat kapan terjangkit/terpapar Covid-19.

Adapun jumlah PMI/TKI yang telah melaksanakan pemeriksaan, yaitu 106 orang, yang terdiri dari 8 orang dari PMI/TKI yang selama ini ditampung oleh Dinas Sosial Prov. Kalimantan, dan 98 orang PMI/TKI Mandiri.

Lantamal XII/Pontianak.

IG : postkotapontianak_

FB : Postkota PontianakCom

TW : @PKPNews


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *