Masih Kekurangan Tenaga Guru

POSTKOTA PONTIANAK.COM

BENGKAYANG -Hingga kini Pemda Bengkayang melalui data Dinas Pendidikan masih kesulitan memenuhi kebutuhan guru secara menyeluruh di daerah Bengkayang, kekurangan tenaga guru tersebut di perkirakan sekitar dua ribu tenaga pendidik yang mesti di tempatkan di sekolah yang ada.

Ilustrasi“Itu masih tenaga guru sekolah yang sudah mempunyai gedung sendiri ,belum lagi kalau ada rencana penambahan bangunan sekolah di setiap kecamatan nantinya,”ungkap Bupati Bengkayang,Suryatmand Gidot,SPd, belum lama ini.

Gidot mengakui, kalau hanya mengharapkan Kuota penerimaan CPNS setiap tahunnya belum bisa memenuhi kebutuhan guru sepenuhnya di daerah .baik itu tenaga guru PAUD,TK,SD,SMP,SLTA,”tuturnya.

Ia mengatakan Pemda Bengkayang melalui Dinas Pendidikan mata anggaran tahun 2014 ini telah telah membuat langkah-langkah seperti memprogramkan perekrutan guru baik melalui tenaga kontrak maupun pengajuan bantuan pemerintah pusat melaui BKD untuk memperbesar kuota penerimaan pegawai negeri Sipil formasi guru di daerah Bengkayang.

Selain itu,jelas Gidot semenjak dirinya masih wakil Bupati dulu Pemda sudah menyekolahkan guru-guru bidang studi yang dianggap sulit misalnya guru bidang studi Kimia, fisika,Biologi alhasil   beberapa tahun terakhir sudah mulai terpenuhi walaupun selum sepenuhnya,”jelasnya.

Kedepan,lanjut Gidot perlu pertimbangan inspirasi kebijakan bersama antara pemerintah Pusat, Propinsi dan Daerah dalam hal pendanaan,artinya jika daerah kekurangan guru sebanyak tiga ribu ,kalau memungkinkan seribu di biayai oleh Pusat,kemudian seribu guru di biayai Propinsi,dan seribu lagi di biayai oleh Daerah,kalau ini yang terjadi saya pikir bisa memacu IPM kita di masa mendatang,”tuturnya.

Dalam rangka menuju perbaikan Indek Pembangunan Manusia(IPM) yang berkualitas tentunya Pemda Bengkayang berharap kedepan perekrutan tenaga Guru bisa mendongkrak pembangunan sumber daya manusia di bidang pendidikan.(toni)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *