Mahasiswa Teknokrat STTAL Ikuti Sosialisasi : Perkembangan Batas Maritim Negara Tetangga

JAKARTA ( PKP ), Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) yang berada di Ancol Jakarta Utara, dalam hal ini Kaprodi S1 Hidrografi Letkol Laut (KH) Johar Setiyadi, S.T., M.T., mewakili Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., M.Tr.Opsla., mendampingi para mahasiswa teknokrat STTAL Prodi S1 Hidrografi dan Prodi D3 Hidro – Oseanografi mengikuti sosialisasi tentang “Perkembangan Batas Maritim dengan Negara Tetangga ” yang diselenggarakan Pushidrosal di Ruang Serbaguna Pusdik Hidros Gd.Mahameru Kodikopsla Jl Pantai Kuta Ancol Jakarta Utara dengan tetap laksanakan protokol kesehatan. Senin (29/11/2021)

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Aspamkersamtas Komandan Pushidrosal Kolonel Laut (E) Dr. Yanuar Handwiono, S.H., M.Sc., M.Tr.(Han) dengan paparan singkat secara konferhensif tentang, – Prinsip Perimbangan dasar perundingan delimitasi R.I, – Mekanisme perundingan delimitasi maritime, – Tahapan mekanisme kegiatan perundingan delimitasi maritime bilateral, dengan didukung tiga (3) narasumber yang secara teknis dan terinci akan diuraikan bersama, yang pertama Kolonel Laut (KH) Aris Abdullah, S.H., M.H., (Jabatan sehari-hari Kadiskum Pushidrosal) tentang aturan UNCLOS mengenai batasan laut Indonesia sebagai bagian dari batas maritim, yang kedua Letkol Laut (P) Tri Arya S.T., P.S.C., M. Sc., (Jabatan sehari-hari sebagai Pabantas Spamkersamtas Pushidrosal) tentang Peran Penting dan Pushidrosal dalam batas maritim sebagai tim teknis dalam perundingan batas maritim, dan yang ketiga Letkol Laut (KH) M.Qisthi Amarona S.T., M.Tr Hanla ( Jabatan sehari- hari sebagai Kasubdis Peta Navlek Dispeta Pushidrosal) tentang Peta laut sebagai hasil akhir dari keputusan batas maritim Indonesia.

 

BACAAN LAINNYA

Danramil Mempawah Hulu di Dampingi Kades Desa Karangan Tinjau Lokasi RTLH

Babinsa Toho Pantau dan Monitoring Gebyar Vaksinasi di Pak Utan

480 Masyarakat Segedong Ikut Gebyar Vaksinasi TNI AD, Danramil Jongkat Memberikan Apresiasi

 

Acara sosialisasi ini dilaksanakan dalam format panel diskusi dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan peserta, sehingga para peserta memperoleh pemahaman yang benar terkait tentang materi yang disampaikan oleh narasumber, yang bertujuan capaian sosialisasi ini, para peserta dapat memahami Riwayat UNCLOS 1982, memahami perkembangan batas maritim R.I dengan negara tetangga, memahami peran Pushidrosal dalam pelaksanaan rundingan penetapan batas maritim R.I dengan negara tetangga dan memahami isi buku panduan batas maritim unsur KRI dan pesawat udara TNI AL dalam melaksanakan operasi diperbatasan laut.

 

 

Sosialisasi ini di ikuti Mahasiswa teknokrat STTAL Prodi S1 Hidrografi danProdi D3 Hidro – Oseanografi, Usai acara sosialisasi dilanjutkan dengan penyerahan plakat kenang-kenangan dari STTAL yang diserahkan Kaprodi S1 Hidrografi kepada Aspamkersamtas Komandan Pushidrosal kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama./*

Sumber BagPen STTAL.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.