Lurah Kelurahan Ladang Turun Langsung ke Lapangan Tanggapi Keluhan Warga Terkait Pembuangan Sampah

SINTANG,postkotapontianak.com Menanggapi laporan dan keluhan masyarakat terkait tempat pembuangan sampah (TPS), Lurah Kelurahan Ladang Syamsul Bachri, S.Sos.,M.Si, Senin (03/02/2020) turun langsung ke lapangan dan melihat secara langsung salah satu tempat pembuangan sampah yang berserakan di tepi jalan tepatnya di gang Taswi Kelurahan Ladang Rt.7.

Kepada media ini Syamsul mengatakan bahwa terkait pengadaan tempat pembuangan sampah tersebut adalah merupakan salah satu bagian dari program kerja dalam jangka pendek. Dikatakannya, memang pengadaan tempat pembuangan sampah ini telah di bahas dalam musrenbang tahun 2020. Namun persoalan pada saat ini menurutnya adalah pencarian lokasi tempat pembuangan sampah tersebut.

“Ya, memang permasalahannya adalah lokasi tempat membuat TPS tersebut, karena memang untuk pembuatan tempat pembuangan sampah ini harus dibuatkan lokasi khusus, yang agak jauh dari permukiman rumah warga,” kata syamsul.

“Setelah meninjau ke lapangan Lurah Kelurahan Ladang Berkordinasi dengan Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Sintang”

Ia menjelaskan dalam waktu dekat ini pihaknya akan membuat surat edaran kepada masyarakat terkait tempat pembuangan sampah tersebut. Ia juga mengatakan akan diusahakan untuk dibuatkan tempat pembuangan sementara.

“Sesuai dengan apa yang di sampaikan oleh masyarakat yang disampaikan melalui ketua RT salam musrenbang kemarin ini memang menjadi bagian dari program periotas kita dalam waktu dekat ini, selain itu juga ada program-program yang lain,” terangya.

Menurutnya dalam waktu dekat akan dibuatkan tempat pembuangan sementara atau di angkut menggunakan TOSA dari setiap rumah.

Sementara itu Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupatrn Sintang, AM. Mulyadi menyebutkan bahwa yang menjadi kendala saat ini adalah lokasi tanah tempat pembuangan sampah tersebut. “Kita TPS kita ada angkutan kita ada, permasalahannya lokasi tanah tempat pembuangan sampah tersebut yang belum ada,” ujar AM. Mulyadi.

Dikatakanya jauh sebelumnya pihak DLH juga telah melakukan rapat dengan Camat dan para Lurah terkait sampah tersebut, pihaknya juga telah meminta kepad para Lurah untuk menyiapkan lokasi tempat pembuangan sampah tersebut dimasing-masing RT.

“Kami juga telah membuat surat kepada para Lurah dan surat tersebut di tanda tangani oleh Bapak Bupati, kami menegaskan agar para Lurah menyiapkan lokasi pembuangan sampah di masing-masing RT, misalnya di Kelurahan Ladang ada berapa RT,” paparnya.

Menurutnya pembuangan sampah juga tidak harus satu RT satu tempat namun misalnya juga bisa digabung dua RT menjadi satu tempat.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *