Liyus Minta, Warga Sintang Mampu Ciptakan Pasar Sendiri

SINTANG-Hobi dan bakat seharusnya bisa mendatangkan manfaat ekonomi. Terlebih bagi kaum muda dan para pelaku industri kreatif. Jika kita mengetahui celahnya, dari barang yang dihasilkan atas dasar hobi itu bisa mendatangkan uang,ujar Anggota DPRD Sintang Liyus Kepada Media ini 15/10/2019.

“Dalam industri kreatif ini, kita sebagai pelaku usaha harus bisa menciptakan pasar. Barang yang diciptakan harus bisa bermanfaat,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengelorakan agar generasi muda Sintang untuk keluar dari kotak, Dia yakin anak muda bisa menciptakan pasar dengan pendekatan mengikuti perkembangan sosial dan tren masyarakat terbaru. “ kita jangan hanya membuat produk yang mengikuti selera pasar. Lebih hebat kalau kita bisa menciptakan pasar sendiri,” imbuh dia.

Politisi PKP Indonesia ini mencontohkan, belakangan industri kreatif di sektor kuliner telah berkembang tidak hanya soal rasa dan tampilan, melainkan juga ketokohan sang owner. “ Sebut saja misalnya bisnis kue-kuean yang sedang digeluti para selebriti sekarang.

Secara rasa dan tampilan, kue tersebut tidak berbeda jauh dengan yang selama ini ada, hanya saja mereka memberikannya nama yang unik serta menjual ketokohannya. Mereka menciptakan pasar kuliner  sendiri,” jelas dia.

Ia melihat para pemuda Sintang yang bergerak di bidang industri kriya memiliki bakat dan ketrampilan mumpuni. Hanya saja, agar mendatangkan keuntungan mereka harus terus berkreasi dan berinovasi, serta tekun. keterampilan dan membuka wawasan mereka tentang industri kreatif yang begitu luas. Tetapi, dalam dunia usaha mereka harus tekun dan mampu berinovasi,” ujarnya.

Liyus menegaskan minat berwirausaha harus di mulai dari usia muda, serta harus menanamkan sikap komitmen dalam mengembangankan bisnis. Jiwa wirausaha harus memiliki kaum muda, seorang wirausahawan harus mempunyai komitmen tinggi di dalam memulai usahanya. Selain itu, para pemuda tidak boleh minder dan tidak meremehkan usaha sekecil apapun harapnya,

Roni juga mengatakan ditengah kemajuan yang sangat pesat saat ini, kita diminta untuk lebih kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri yang dalam hal ini tentu kita harus melihat peluang usaha yang bisa dilakukan dalam suatu pasar yang jelas,katanya.(Redaksi)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *