Lestarikan Budaya Daerah, TNI Hadir Dalam Acara Ritual Nyarampo Kampong

POSTKOTAPONTIANAK.COM

LANDAK KALBAR : Adat istiadat menjadi tolak ukur yang tidak bisa ditampik dalam kehidupan masyarakat adat, Sabtu (04/10/2020), hal ini disaksikan oleh Babinsa Winoto yang mengahadiri Pelaksanaan upacara hukum adat Nyarampo Kampong.

Pelaksanaan upacara hukum adat Nyarampo Kampong, yang diikuti oleh babinsa Winoto ini berlokasi di Desa Lamoanak Dusun Baweng Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak.

“Seperti yang didapat informasi bahwa NYARAMPO KAMPONG atau bisa juga disebut NYERBU KAMPONG merupakan upacara adat warga desa ini, bermaksud sebagai upacara tolak bala oleh warga kampung atas kejadian atau permasalahan yang pernah terjadi,” jelas Babinsa.

“Ini adalah suatu suatu tradisi masyarakat yang harus kita lestarikan sampai ke anak cucu, dan tetap dipertahankan sehingga tidak tereliminasi oleh modernisasinya perkembangan jaman,” jelas Babinsa.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, selain Babinsa Winoto, juga dihadiri oleh Perwakilan Dewan Adat Provinsi Bapak Agus, Dewan Adat Kecamatan Bapak Apo, Kades Lamoanak Yohakim, Para Kadus Desa Lamoanak, Tokoh Masyarakat Desa Lamoanak Yuni, Bhabinkamtibmas Riyanto, dan Masyarakat Adat Desa Lamoanak Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak.

Lanjutnya katakan, bahwa kegiatan adat ini tidak sembarang, adanya upacara adat ini harus ada musyawarah dan kesepakatan masyarakat, agar bisa terselenggarakan.

“Inilah keunikannya, bahwa upacara adat Nyarampo Kampong ini terlaksanakan karena harus ada musyarawah dan kesepakatan masyarakat adat desa, jadi tidak sembarangan diadakan,” jelas Babinsa.

“Bahwa terlaksananya upacara adat ini karena hasil dari kesepakatan agar segala sesuatu permasalahan dianggap sudah selesai dengan dilaksanakannya upacara hukum adat ini,” ucapnya.

BACA JUGA

Sosialisasi Ke Warga, Anggota Satgas TMMD 109 Komsos Dengan Masyarakat

Deklarasi Virtual Paslon Askiman Hatta

Rapimcab Partai Demokrat Kabupaten Sintang Tahun 2020

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes. Pol. Komarudin Bawa Kue HUT Ke 75 TNI Untuk Dandim 1207/BS, Kolonel. Inf. Jajang Kurniawan

HUT ke-75 TNI, Polres Mempawah Beri Kejutan Untuk Kodim 1201/Mph

Sampaikan kembali, hadirnya TNI ini disini adalah kesinambungan dalam Komunikasi sosial TNI dan Rakyat dalam jalinan humanis demi menciptakan keamanan yang kondusif dan terjamin.

Selain itu pula juga menyampaikan kepada warga untuk mentaati Perbup Bupati No.41 Tahun 2020 yang sudah dikeluarkan demi memutus mata rantai penyebaran covid 19. Mengingatkan kepada masyarakat akan 3M, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga jarak saat dikeramaian, dengan demikian kita sudah membantu pemerintah dalam mensukseskan program pemerintah memerangi covid 19.(Guns/Com)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *