Leonardy Harmainy, Politisi Senior Bertangan Dingin

PADANG – Siapa yang tidak kenal dengan politisi senior yang satu ini, H. Leonardy Harmainy, S.I.P, MH bergelar Datuak Bandaro Basa, sepak terjangnya di dunia politik Indonesia, khususnya Sumatera Barat, terbukti mahir dan santun. Ia adalah mantan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Periode 2004 – 2009 dan pernah pula memimpin DPD I Partai Golkar Provinsi Sumatera Barat serta Organisasi Masyarakat Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Sumatera Barat.

Beberapa politisi di Sumatera Barat sebagiannya adalah kader dan binaan Bang Leo, sapaan akrab Leonardy Harmainy. Diantara kader tersebut, saat ini ada yang jadi Bupati, Walikota dan Anggota DPRD Kabupaten/ Kota termasuk tingkat Provinsi, adalah bukti tangan dingin politisi senior ini.

“Politik adalah jembatan; jembatan hati, jembatan perjuangan dan aspirasi, jika perlu jembatan untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Maka, kita mesti menghindari politik yang tidak ikhlas, terutama politik insentif,” ungkap Bang Leo, kepada salah seorang Wartawan Sumatera Barat, Rico Adi Utama, dalam sebuah diskusi.

Salah satu keikhlasan Bang Leo, terbukti disaat Pemilihan Legislatif 2014 kemarin. Dirinya ikut bertarung di Pemilihan Anggota DPD – RI Perwakilan Sumatera Barat, dari sekian calon yang bertarung, dirinya mendapat peringkat ke-lima dalam perolehan suara setelah Nofi Chandra. Alhasil, karena hanya hingga rangking 4 yang berhak lolos menjadi anggota DPD RI setiap Provinsi, menyikapi keadaan itu Bang Leo tetap tersenyum dan sabar.

Namun, kesabaran itu berbuah manis, akhirnya Ia dilantik juga menjadi Anggota DPD – RI, tanggal 23 Mei 2017 kemarin, sebagai Pejabat Antar Waktu (PAW). “Abang akan bekerja maksimal sebagai Anggota DPD – RI. Mewakili Sumatera Barat dalam banyak hal, saat ini yang jelas sedang mengawasi dan mendampingi penggunaan dana desa, agar tepat guna, terutama di Sumatera Barat,” ungkap Bang Leo, di salah satu RM Sederhana di Jakarta, tidak berapa lama setelah dirinya dilantik menjadi Anggota DPD – RI.

Bukan itu saja, para kader politik dan Ormas PP Bang Leo, memang mengakui sosok politisi senior tersebut memiliki aura dan kharismatik yang tinggi. Setiap tutur katanya lembut, menyentuh dan mendidik. Perawakannya yang tinggi besar, membuat Bang Leo makin disegani, apalagi dalam keseharian Ia tidak pernah neko – neko kepada siapapun.

Sementara itu, banyak sekali pertanyaan dari beberapa kalangan saat ini di Sumatera Barat, terkait makin dekatnya Pileg (Pemilihan Legislatif) pada tahun 2019 mendatang, apakah Bang Leo akan kembali maju DPD RI dan/ atau Ia akan mencalon menjadi Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 saja?. /(Rico98).

Publish : Udin Subari / Postkotapontianak.com


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *