Lasarus Ancam Tak Lagi Calonkan Anggota Dewan yang Tak Aspiratif

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SUNGAI RAYA – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus memerintahkan seluruh kader PDI Perjuangan yang kini duduk di lembaga legislatif untuk lebih giat menyerap aspirasi konstituennya. Jika terdapat kader yang menentang perintah tersebut, Lasarus mengancam tidak akan mencalonkan mereka lagi pada Pemilu yang akan datang. Ketua Komisi V DPR RI ini bahkan menegaskan kalau ancaman yang disampaikannya itu berlaku bagi seluruh kader, tanpa terkecuali.

“Ini warning agar mereka memperbaiki perilakunya supaya mereka bisa memperhatikan rakyat yang telah memberikan kepercayaan,” kata Lasarus saat membuka Musyawarah Anak Cabang (Musancab) PDI Perjuangan se-Kabupaten Kubu Raya di The Q Hall Convention Center Qubu Resort, Jumat (13/3/2020).

“Orang-orang yang kita utus harus aspiratif. Jadi kalau ada anggota yang sibuk dengan dunianya sendiri, tanpa memerhatikan konstituen di dapilnya, kita pasti evaluasi. Kita lihat kalau mereka tidak aspiratif, kita pertimbangkan untuk tidak lagi dicalonkan dan diganti dengan calon yang lebih baik di dapil tersebut,” sambungnya.

Lasarus memastikan, ancaman yang disampaikannya ini bukan sekadar isapan jempol belaka. Dirinya mengklaim sudah punya cara sendiri bagaimana mengecek keaktifan mereka (kader PDI Perjuangan yang duduk di lembaga legislatif) dalam menyapa konstituen di daerah pemilihan masing-masing.

“Kalau tidak percaya, silakan dibuktikan omongan saya ini. Di era kepemimpinan saya sebagai Ketua DPD, saya pastikan mereka yang berbuatlah yang akan mendapatlan hasilnya. Makanya nanti kader-kader yang duduk di DPRD hari ini akan kita cek lewat DPC. Nanti DPC mengeceknya lewat PAC dan ranting. Itu nanti pasti ketahuan. Ada banyak cara kita untuk mengeceknya,” tuturnya.

Mengamini pernyataan Lasarus, Ketua DPC PDI Perjuangan Kubu Raya Agus Sudarmansyah menghendaki kader-kader PDI Perjuangan yang kini dipercaya sebagai anggota DPRD Kubu Raya untuk lebih meningkatkan intensitas pertemuan dengan konstituen. Sebagai legislator yang dipercaya oleh rakyat, kata Agus, anggota DPRD memang sudah seyogianya membalas kepercayaan itu dengan turun menyapa masyarakat sekaligus menyerap aspirasi mereka.

“Memang sudah menjadi kewajiban bagi semua anggota DPRD dari PDI Perjuangan untuk menjalankan program-program partai dengan turun ke konstituen masing masing. Fasilitasnya sudah ada seperti reses, kunjungan kerja selaku anggota fraksi, anggota komisi atau anggota badan-badan di DPRD. Aktiflah untuk mengikuti agenda-agenda itu dan manfaatkan untuk menyapa konstituen di dapil kita masing-masing,” tutup Ketua DPRD Kubu Raya tersebut./rl/rdy/dnPKP.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *