LAPAN Dan Otomatisasi Pengolahan Data Penginderaan Jauh

JAKARTA – Lembaga Antariksa Dan Penerbangan Nasional (LAPAN) sebagai institusi yang berkompeten di bidang antariksa melakukan terobosan terbarunya dengan melaunching software penginderaan jarak jauh yang dapat dimanfaatkan di medan pertanian, bencana dan juga perpajakan.

DR. M Rokhis Khomarudin. (FotoSurotoRadar Indonesia News)
DR. M Rokhis Khomarudin. (FotoSurotoRadar Indonesia News)

Hal ini diungkapkan DR. M. Rokhis Khomarudin dalam Fokus Group On Discussion, Senin (16/6) di ruang SIMBA Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN, Jalan Kalisari  No.8, Pekayon Jakarta Timur.

Diskusi terbatas  LAPAN dengan pihak media tersebut mengangkat topik strategis peran LAPAN dengan kapasitasnya yang semakin strategis di bidang teknologi penginderaan jauh dengan software otomatisasi pengelolaan data penginderaan.

Hal penting yang disampaikan dalam diskusi terbatas itu terkait urgensi peluncuran satelit nasional sebagai pendukung utama penginderaan jauh yang dilansir LAPAN.

Kapasitas teknologi di bidang penginderaan telah dimiliki LAPAN kini semakin maju dan memiliki daya guna dan fungsi yang sangat profitable bagi pemerintahan daerah (Pemda) dalam bidang pajak, pertanian, ekonomi dan bencana.

Langkah LAPAN menjadi lebih signifikan bila didukung oleh anggaran yang munmpuni untuk mewujudkan projek teknologi bagi perkembangan dan pertumbuhan nasonal sebagai solusi seluruh aspek kehidupan.

“LAPAN memiliki kapasitas penting dalam penginderaan jauh denga dukungan software yang sangat strategis ini perlu percepatan dan anggaran yang tepat dari pemerintah.” Ujar Jaswanto, Humas LAPAN dalam diskusi tersebut./F/radar-indo


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *