LANTAMAL XII MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE-91 TAHUN 2019

POSTKOTAPONTIANAK.COM

TNI AL Lantamal XII Pontianak- Komandan Pangkalan utama TNI AL XII, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019 dengan Komandan Upacara Mayor Laut (K/W) dr. Fransiska Lydia H., M.H. di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Jln. Komyos Sudarso No. 1 Jeruju Pontianak Kalimantan Barat. Senin (23/12/2019).

Pada Upacara dalam rangka Memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019 terlihat tidak seperti biasanya, para Panitia pelaksana dari Prajurit Militer dan PNS Lantamal XII adalah kaum wanita. Patut berbangga hati dalam pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih tampil para Wanita PNS Lantamal XII dengan semangat dan disiplin menaikkan Bendera Merah Putih.

Dalam rangkaian Upacara tersebut, Danlantamal XII membacakan Amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, l Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan “ Pada tahun 2019 ini kita dapat memperingati kembali hari ibu yang ke-9, hari ibu lahir dari pergerakan perempuan indonesia diawali dengan kongres perempuan pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di yogyakarta telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan indonesia.

Sentral pembahasan kongres perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan anak, poligami dan pendidikan perempuan. Pada hakekat peringatan hari ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa Persatuan dan Kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, ditetapkan setiap tanggal 22 desember sebagai Hari Nasional. Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

Peringatan Hari Ibu (PHI) diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan (Agent of change).

Disampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya phi utamanya kepada 7 (tujuh) pimpinan organisasi perempuan yaitu Oase, Kongres Wanita Indonesia, Tim Penggerak Pkk Pusat, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan Pusat, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan mitra kerja lainnya, provinsi jawa tengah dan seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi aktif terlibat dalam penyelenggaraan peringatan hari ibu.

“ Harapan saya, peringatan hari ibu ke-91 tahun 2019 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan lakilaki dalam setiap aspek kehidupan.” Ujar l Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Turut hadir pada Upacara tersebut, Wadanlantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E., Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Panugrah Asyari, Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Dofir, Dandenma Lantamal XII Letkol Laut (PM) Sugeng Subagyo, S. Sos., Danpomal Lantamal XII Letkol Laut (PM) Nandang Farlegi, S.E., Para Kadis serta Kasatker, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal XII.

Sumber : Dispen Lantamal XII.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *